PEKANBARU- Remaja dan Pemuda merupakan ikon yang memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan dan kemunduran suatu bangsa. Hal tersebut dipengaruhi oleh tingginya semangat para generasi muda dalam melakukan berbagai aktivitas.

Diibaratkan remaja dan pemuda adalah sebuah wadah istimewa yang masih dapat menampung segala aspirasi dan masukan. Out put yang dihasilkan tergantung dari baik atau buruknya asupan ilmu yang diberikan kepada mereka.

Di era moderen seperti sekarang ini, generasi muda disibukkan dengan berbagai hal yang berbau negatif. Mulai dari aksi-aksi  yang berujung  pada tindakan kriminalitas sampai dengan pesta pora yang tidak mengenal lagi batas antara laki-laki dan perempuan. Hal ini telah dibuktikan dengan maraknya pemberitaan dimedia seperti kasus pembunuhan, pelecehan, tawuran dan tindakan asusila lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Ikatan Pemuda dan Remaja Masjid Darul Ihsan (IPEREMDI) Pangkalan Kerinci, Rija Nasrullah, Senin (04/01/2016).

"Saat kita merasakan begitu banyak komunitas yang menyimpang saat ini  dan menurunnya minat generasi muda yang cinta kepada masjid , IPEREMDI hadir dan tetap mempertahankan eksistensinya dalam membentuk generasi muda yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah dan cinta akan masjid," ungkapnya.

Bersekretariat di Masjid Darul Ihsan, Jalan Anggur Raya Komplek Bumi Lago Permai, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan,Riau. Setidaknya sudah lebih dari lima generasi, IPEREMDI terus melakukan pembinaan terhadap generasi muda. 

Menurut Rija Nasrullah, seluruh pengurus berdomisili di komplek perumahan Bumi Lago Permai dan sekitar masjid, namun tidak menutup kesempatan bagi masyarakat diluar komplek untuk bergabung dan bertukar ilmu di dalam majelis ilmu .

"Sementara ini IPEREMDI adalah organisasi islam dibawah atap Badan Kemakmuran Masjid Darul Ihsan Pangkalan Kerinci, yang tidak berdiri sendiri, kita siap menampung siapa saja yang mau bergabung," tukasnya.

Karena mnurutnya, dengan bergabung dan sama-sama menuntut ilmu di dalam majelis ilmu sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

"Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya kurang lebih, (esungguhnya Allah tabaraka wa ta'ala memiliki para malaikat khusus yang senantiasa berkeliling mencari di mana adanya majelis-majelis dzikir. Apabila mereka menemukan sebuah majelis yang padanya terdapat dzikir maka mereka pun duduk bersama orang-orang itu dan meliputi mereka satu sama lain dengan sayap-sayapnya sampai-sampai mereka memenuhi jarak antara orang-orang itu dengan langit terendah, kemudian apabila orang-orang itu telah bubar maka mereka pun naik menuju ke atas langit.), berdasarkan hadis tersebut mari sama-sama kita menimba ilmu," ucapnya.

Saat ini aktivitas di IPEREMDI lebih terfokus kepada pengajian ( halaqoh ) dan peringatan hari besar islam ( PHBI ). Kaum Ikhwan ( lelaki ) dan Akhwat ( wanita ) masing-masing mempunyai guru pembimbing dengan jadwal halaqoh yang di agendakan setiap minggu.

"Untuk pengajian gabungan, Ketua BKM Masjid Darul Ihsan , Muhammad Taufik HS. S.Ag sering diagendakan untuk memberikan ilmu dan tausiyah agama kepada remaja dan pemuda IPEREMDI," ucapnya lagi.

Selain belajar untuk memperdalam ajaran islam , seluruh anggota juga diajarkan berbagai hal diantaranya berbicara didepan umum serta bagaimana berorganisasi yang baik  oleh para senior.

" Alhamdulillah, ilmu yang diajarkan oleh guru serta senior mampu diserap dengan baik . Hal tersebut terbukti dengan beragamnya kemampuan yang dimiliki seperti percaya diri saat tampil menjadi protokol ( pembawa acara ), tilawah Qur'an  serta menjadi koordinator dalam setiap kegiatan yang digelar," tambahnya lagi.

Dalam peringatan hari besar islam, berbagai kegiatan seperti perlombaan, pesantren kilat, tabligh akbar dan kegiatan lainnya sudah biasa dilakukan IPEREMDI. Dengan sistem kepanitiaan melibatkan seluruh pengurus, acara demi acara yang digelar alhamdulillah berjalan dengan baik dan pastinya atas izin Allah Aza Wazalla.

"Seluruh kader IPEREMDI diharapkan mampu menjadi insan yang tidak hanya mementingkan duniawi melainkan dunia kekal yaitu akhirat dengan mengamalkan ilmu yang dimiliki kepada hal-hal yang diridhoi Allah SWT," pungkasnya. (rls)