SELATPANJANG, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar rapat koordinasi dengan banyak pihak guna membahas jaminan sembako dan BBM jelang puasa hingga lebaran, Selasa (9/6/2015) di ruang rapat melati Kantor Bupati Kepulauan Meranti Jalan Dorak Selatpanjang.


Bupati Irwan yang diwakili Asisten II Ir H. Anwar Zainal mengatakan, rapat koordinasi yang dilaksanakan tersebut dalam rangka mempersiapkan ketersediaan sembako dan BBM di Kabuaten Meranti dalam menghadapi puasa Ramadhan dan Idul Fitri mendatang. Anwar juga berharap melalui rakor itu dapat menjamin ketersediaan dan mengantisipasi kelangkaan sembako dan BBM yang mengalami peningkatan permintaan pada moment itu.
Dalam pemaparan, KadisprindagkopUKM Syamsuar Ramli, mengatakan pasokan sembako di Kabupaten Meranti menghadapi bulan suci ramadhan dan lebaran cukup stabil. Begitu juga dengan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM). Namun kedepan Pemda meminta kepada pihak pengusaha turut mendukung upaya Pemda dalam menjamin ketersediaan Sembako dan BBM, termasuk juga kestabilan harga dipasaran.
"Kami minta kerjasama para pengusaha Semanko dan BBM agar stok untuk kabupaten Meranti tetap aman dan cukup, harapan kami juga jangan pada pengusaha untuk tidak terlalu menaikan harga Sembako dipasaran," ujar Syamsuar.
Dalam Rakor tersebut diketahui, terjadi kelangkaan BBM di beberapa Kecamatan yakni Tasik Putri Puyu dan Kecamatan Pulau Merbau karena belum adanya APMS di kedua Kecamatan tersebut. Sedangkan 7 Kecamatan lainnya tidak ada masalah karena telah memiliki APMS. Masalah lainnya tingginya biaya operasional angkutan laut yang menyebabkan harga BBM di tiap Kecamayan di Meranti menjadi bervariasi.
Salah seorang distributor barang sembako, Akiong mengatakan, sampai saat ini beras dan barang stok lainnya masih banyak dan tercukupi sampai bulan ramadhan nanti dan akan dilakukan penambahan jelang Idul Fitri. "Menjelang hari raya Idul Fitri nanti kita kemungkinan akan menambah pasokan barang dari Jakarta dan Sumatera," ujarnya.
Pada kesempatan itu, pengusaha juga meminta kepada Pemda untuk diberikan kemudahan dalam pengurusan berbagai hak. "Kami harapkan kepada Pemda agar kedepan memberikan kemudahan kepada pengusaha dalam berbagai hal," harap Andus.
Terlihat hadir dalam acara itu, Kabag Humas Ery Suhairi, Kabag Ekonomi Agusyanto, unsur Forum SKPD, Kapolres Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Danramil, Camat se-Kabupaten Kep Meranti, Pengusaha distribusi barang sembako, pihak APMS dan beberapa undangan lainnya.(zal)