DURI, GORIAU.COM - Serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis terbanyak untuk kegiatan infrastruktur. Meskipun demikian masih banyak jalan di kabupaten Bengkalis yang memiliki delapan kecamatan, yang perlu peningkatan.

Hal itu terbukti dari pantauan GoRiau.com di delapan kecamatan yang ada, belum lama ini, masih banyak jalan tanah. Mirisnya lagi, kalau musim kemarau jalan akan berdebu, yang sangat jelas mengganggu kesehatan masyarakat tempatan. Apalagi kalau hujan turun, untuk menempuh jalan tanah diperlukan kemampuan khusus, jika tak ingin terperosok.

"Kalau Pemkab Bengkalis bisa meminjam dana pusat sebanyak Rp10 triliun. Saya jamin dalam waktu 3 tahun, infrastruktur jalan hingga pelosok desa akan mulus. Setidaknya rigid beton atau hotmix," ungkap Bupati Bengkalis Herliyan Saleh kepada GoRiau.com, Senin (29/6/2015) tengah malam usai safari Ramadan di dusun Pendawa, desa Bathin Betuah, kecamatan Mandau.

Saat ini penggunaan APBD sangat terbatas, tentunya pembangunan harus dilakukan secara bertahap, kata Herliyan. Pembangunan di kabupaten Bengkalis harus bersama diawasi, agar tepat sasaran. Kalau terbukti ada yang bermain segera laporkan.

"Untuk membangun daerah, perlu upaya bersama. Jika bersatu padu, pembangunan akan tepat sasaran, dengan mengenyampingkan kepentingan pribadi," tutup Herliyan menjelaskan kepada GoRiau.com.(ric)