BANDAR PETALANGAN, GORIAU.COM - Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI Kabupaten Pelalawan yang dilaksanakan di depan Kantor Camat Bandar Petalangan resmi dibuka Bupati Pelalawan HM Harri, Selasa (16/10/2012) malam. Kegiatan bernuansa keagamaan yang digelar tiap tahun ini diharapkan menjadi salah satu ajang menciptakan generasi muda Qurani yang mumpuni.

''Dengan MTQ ini mari kita ciptakan masyarakat dan generasi muda yang berjiwa Qurani guna membentuk masyarakat yang madani, yang tidak hanya memiliki minat baca Al Quran, tetapi juga mampu mendalami dan mengamalkan Al Quran, dalam kehidupan pribadi dan sosial kemasyarakatan,'' ajak Harris.

Meski dalam kondisi kurang fit, namun Bupati mengaku tetap harus semangat beraktifitas, apalagi kegiatan tersebut untuk kepentingan ummat. ''Saya kurang fit, namun ini bukan penghalang untuk tetap bersemangat apalagi acara untuk ummat,'' katanya.

Menurut Bupati, MTQ yang laksanakan mulai 16-22 Oktober mendatang merupakan salah satu upaya dalam membumikan nilai-nilai keagungan Kitab Suci Al Quran, dalam gerak langkah kehidupan pribadi setiap muslim, sehingga tercermin dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat.

''Melalui kegiatan MTQ ini kita tidak hanya dapat memasyarakatkan nilai-nilai Qurani, namun lebih jauh, mampu merubah cara pandang kita terhadap kitab suci ini, tidak lagi hanya sebagai naskah suci, tanpa berdampak dalam kehidupan sehari-hari,'' ungkapnya.

Memasyarakatkan dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam kitab suci ini, sebut pria alumni Pesantren Daarun Nahdhah Kampar merupakan kewajiban semua muslim, baik secara pribadi maupun sebagai komunitas masyarakat muslim yang menjadi mayoritas negeri ini.

''Inilah tugas berat umat ini kedepan. Kita tidak boleh merasa puas dan bangga, hanya karena menjadi mayoritas, tanpa mampu memberikan warna kehidupan kearah yang lebih baik. Kita semua harus mampu menunjukkan menerapkan bahwa nilai-nilai Qurani memang merupakan rahmatan lil’alamin, yang mengayomi seluruh masyarakat tanpa membeda-bedakannya,'' papar Bupati.

Bupati kelahiran Langgam 62 tahun silam menambahkan sebagai muslim, masyarakat harus mampu menempatkan Al Quran menjadi pendorong daya ubah dan daya gerak. ''Yang akan mengubah dan menggerakkan kehidupan kita kearah yang lebih baik dan benar, dalam menggapai kebahagiaan kehidupan akhirat yang lebih abadi. Disinilah letak demensi transformatifnya Al Quran dalam kehidupan nyata, terutama dalam bermasyarakat dan berbangsa,'' ucapnya.

Ditekankan Harris, pelaksanaan MTQ menunjukkan, bahwa pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah bukan hanya melulu pembangunan fisik dan ekonomi masyarakat yang bersifat duniawi belaka. ''Ukuran-ukuran keberhasilan setiap program pembangunan, akan menjadi kehilangan makna, jika kita mengabaikan aspek kerohanian, yang ditunjukkan sikap moral dan kepedulian ditengah-tengah masyarakat. Jadi semua aspek harus dibangun dan diperhatikan serius oleh semua pihak tentunya,'' terang Harris.

Bupati Pelalawan juga menyebutkan selama 13 tahun kabupaten ini berdiri, stabilitas sosial, politik dan keamanan selalu dalam keadaan kondusif. ''Bagi Pemda, ini merupakan iklim yang positif dalam melaksanakan program pembangunan. Dalam kesempatan ini, saya atas nama Pemda mengucapkan ribuan terima kasih, seraya mengajak kita semua, untuk senantiasa mempertahankan kondisi ini, agar perhatian kita bisa lebih focus dalam membangun daerah dan masyarakat, sebagaimana yang diamanatkan oleh tokoh masyaraat, tokoh adat dan pendiri kabupaten tercinta ini,'' bebernya.

Namun diingatkan pejabat nomor satu di Kabupaten Pelalawan lagi, pelaksanaan MTQ yang dilaksanakan setiap tahunnya, akan menjadi kegiatan yang mubazir, jika masyarakat muslim tidak mampu mencerminkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pelaksanaan MTQ ke XI tingkat Kabupaten Pelalawan tahun 1433 H/2012 M di Kecamatan Bandar Petalangan ini, Bupati juga mengajak meningkatan kecintaan kepada Al Quran. ‘’Mari kita ciptakan masyarakat Kabupaten Pelalawan yang agamis, rukun dan hidup dalam keberkahan Allah SWT. Mari kita semarakkan dan kita sukseskan MTQ kali ini, dengan menggemakan terus menerus wahyu Ilahi sehingga Kabupaten Pelalawan menjadi kabupaten yang maju, sejahtera dan menjadi negeri baldatun, thayyibatun, warabbun ghafur’’katanya.

Kesempatan yang sama, Harris atas nama Pemdakab Pelalawan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berperan aktif demi terlaksananya kegiatan ini. Baik, kepada Pemerintah Kecamatan Bandar Petalangan beserta jajarannya, instansi dan satuan kerja Pemkab Pelalawan dan perusahaan yang telah memberikan kontribusinya dalam mensukseskan kegiatan yang mulia ini. (kst)