RENGAT, GORIAU.COM - Hari ini, tanggal 5 Januari merupakan hari bersejarah bagi Kota Rengat, Indragiri Hulu. Pada tanggal ini, di tahun 1949, terjadi peristiwa yang sangat tragis, dimana 2.000-an masyarakat sipil Kota Rengat menjadi korban keganasan pasukan Belanda.

Pada tanggal 5 Januari 1949 itu, tak kurang dari 2.000 orang masyarakat siipil terbunuh termasuk Bupati Indragiri saat Itu Bupati Tulus. Peristiwa ini dikenal dengan nama Agresi Belanda II (kedua), atas dasar inilah pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menetapkan tanggal 5 Januari sebagai Hari Bersejarah Kota Rengat, meski pada pemerintahan sebelumnya hari bersejarah Kota Rengat ini  juga dirangkai dengan peringatan hari jadi Kota Rengat.

Namun pada tahun ini, peringatan hari Bersejarah Kota Rengat dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti  Yasinan yang dilaksanakan pada tanggal 4 Januari di lokasi jatuhnya korban Agresi Belanda Kedua di halaman kediaman Bupati Inhu, serta penyerahan bantuan kepada para ahli waris korban agresi.

Sementara pada tanggal 5 Januari 2013 yang jatuh pada hari Sabtu, hari ini juga dilaksanakan upacara peringatan jatuhnya korban agresi, yang dipimpin oleh Bupati InhuYopi Arianto SE d itugu Pahlawan Inhu yang juga terletak di depan Kediaman Bupati Inhu dan dilanjutkan dengan Tabur Bunga kemakam Pahlawan di Pematang Reba. (aun)