PEKANBARU, GORIAU.COM - Event Music Jazz bertajuk 'Funtastic4' dengan tema Olahraga, Olahraga, Olahjiwa resmi digelar, di Grand Jatra Hotel Pekanbaru, Riau, Sabtu (29/11/2014). Kegiatan ini akan menghadirkan 4 musisi ternama Tanah Air.

Mereka diantaranya Gilang Ramadhan, Pra Budi Dharma, Dian HP dan Trie Utami. Kegiatan ini berlangsung atas kerjamasa Grandk Jatra Hotel, Gilang Ramadhan Studio Band dan Komunitas Gubuk Jazz.

"Kami hadir dengan tujuan bagaimana setiap orang pernah mencicipi musik. Mendengarkan musi setiap hari, dan harus belajar bermain musik minimal satu kali dalam seumur hidup," kata Gilang Ramadhan saat konferensi pers, di Grand Jatra Hotel, Pekanbaru, Riau, Sabtu (29/11/2014).

Menurutnya, usia tidak memberikan batas untuk belajar bermain musik. Bahkan Gilang mengaku banyak memiliki anak didik yang berumur mulai dari 1,5 tahun hingga 74 tahun. "Mari belajar musik sedini mungkin," imbau Gilang.

Pengertian musik begitu luas. "Musik berasal dari ritme, nada dan melodi. Semuanya datang dan hidup dari rasa," kata Dian Hadipranowo yang lebih akrab disapa Dian HP.

Wanita kelahiran Tunisia itu selalu menyampaikan kepada para orang tua agar jangan takut ketika anak-anak mereka suka dan cinta akan musik. "Itu selalu saya sampaikan. Mari dukung mereka untuk bermain musik," katanya.

Namun bagaimana cara belajar musik? Dian mengatakan, langkah awal tentu harus mengenal musik. "Belajar musik harus diawali dengan mencintai musik," ungkapnya.

Legenda Musik Jazz Indonesia, Pra Budi Dharma mengakui, banyak yang bisa dilakukan dengan musik. Dari musik, bisa memberika inspirasi. Sekaligus memberikan ritme terapi. "Belajar drum memberikan solusi kepada anak berkebutuhan khusus (ABK, red)," kata Prabu.

Karena diakuinya, cukup banyak musik memberikan nilai positif kepada ABK. Karena mampu menggerakkan otak yang dianggap 'kaku' dan tidak begitu berfungsi.

Sementara itu, General Manager Grand Jatra Hotel, Andreas Lalenoh, menyampaikan, Funtastic4 diharapkan bisa membangun nilai-nilai kreativitas anak muda di Riau, khususnya Kota Pekanbaru.

Karena dari anak-anak muda inilah timbul komunitas-komunitas yang akan menjadi salah satu pilar perekonomian daerah. Salah satu komunitas yang tengah berkembang saat ini adalah Komunitas Gubuk Jazz yang terdiri dari anak-anak muda yang mempunyai kecintaan terhadap musik Jazz.

"Kami komit memberikan dukungan penuh kepada kreativitas anak-anak muda di Pekanbaru, terkhusus dalam kegiatan musik. Iven ini salah satu bentuk dukungan kami terhadap musik jazz," tandas Andreas.

"Kita juga ingin mengembangkan kreativitas para anak muda melalui iven. Artinya jangan jagoan di kandang, biasakan main di atas panggung," ungkapnya.

Event Music Jazz ini bertajuk 'Funtastic4' dengan tema Olahraga, Olahrasa, Olahjiwa. Sesuai dengan tema event ini 'Funtastic4' bukan hanya menyuguhkan music Jazz sebagai hiburan, tapi juga akan menunjukkan bahwa music jazz pun bisa menjadi alat terapi kejiwaan.

Event music Jazz dua hari ini akan terbagi menjadi dua bagian. Coaching Clinic pada tanggal 29 November 2014, pukul 14.00-18.00 WIB bertempat di Bellagio Meeting Room, lantai 5 Grand Jatra Hotel Pekanbaru. Di acara ini, akan diberikan pelatihan dan kesempatan untuk belajar teknik-teknik bermain musik jazz dari para punggawa Jazz tanah air.

Bagian kedua adalah Edutainment yang diselenggarakan pada hari Minggu 30 November 2014. Pukul 15.00 akan ditampilkan penampilan 60 anak-anak asuhan Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB) untuk unjuk keterampilan bermain musik Jazz dan pada pukul 19.00-22.00 WIB, bintang-bintang jazz itu akan menghibur kita sebagai puncak dari event musik Jazz ini di Ballroom Grand Jatra Hotel Pekanbaru.***