TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Komisi III, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), menekankan kepada Dinas Bina Marga Provinsi Riau agar melakukan pengawasan terhadap para rekanan yang menjalankan pembangunan fisik di Negeri Seribu Parit ini.

Terutama sekali terhadap pembangunan Jalan Provinsi seperti Jalan Rumbai-Tempuling dan Tempuling-Tembilahan.

''Kita minta agar meningkatkan kualitas pekerjaan dan pengawasan terhadap kegiatan pembangunan fisik Jalan Provinsi di daerah Inhil ini,'' ujar Ketua Komisi III DPRD Inhil, Iwan Taruna kepada GoRiau.comn Rabu (1/7/2015).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menekankan, agar kegiatan yang sudah dimulai melalui APBD Provinsi Riau tahun 2015 ini, diharapkan dilaksanakan sesuai dengan harapan masyarakat Inhil.

Hal tersebut ditegaskannya, karena pada tahun 2014 lalu, pekerjaan Jalan Provinsi di Inhil terkesan asal-asalan dan kurang pengawasan yang ketat.

Sehingga, banyak pekerjaan pembangunan, peningkatan jalan dan jembatan melalui dana APBD Provinsi Riau di Inhil, jauh sekali dari kualitas dan mutu pekerjaan sesuai dengan harapan masyarakat.

''Kita tidak ingin lagi, kejadian di tahun 2014 lalu, terulang di tahun ini,'' sebutnya.

Untuk itu, ia meminta Dinas terkait agar benar-benar meningkatkan kualitas pekerjaan pembangunan Jalan Provinsi, serta melakukan pengawasan yang ketat agar perusahaan yang mengerjakan mengutamakan kualitas dan mutu.

''Jangan karena Inhil adalah kabupaten terjauh lalu pengawasan berkurang,'' cetus pria yang akrab disapa IT ini.

Selain itu, ia juga mengharapkan kepada anggota DPRD Provinsi, kususnya yang berasal dari Daerah Pemilihan Inhil agar mengawasi pelaksanaan kegiatan fisik di Inhil yang dikerjakan oleh dari Dinas Bina Marga Provinsi Riau.

Termasuk, kepada masyarakat dan LSM, Iwan juga mengimbau untuk turut berpartisipasi mengawal dengan ketat pekerjaan pembangunan jalan yang sudah bertahun tahun kondisinya sangat memprihatinkan itu.

''Selama ini, hasil pekerjaan itu kesannya asal-asalan. Kedepan kita kita minta ini tidak terjadi lagi, semua pihak kita minta mengawasi, demi hasil kerja yang bagus, dan endingnya tentu kita akan mempunya jalan yang berkualitas pula," harap Iwan Taruna.(ayu)‎