RENGAT, GORIAU.COM - Banyaknya SPBU yang melakukan penjualan BBM kepada para pembeli yang menggunakan jerigen serta banyaknya BBM yang digunakan oleh pihak perusahaan di Indragiri Hulu, Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagpas) Inhu Ir H Iliyanto meminta kepada Pertamina untuk bertindak tegas.

Menurutnya selama ini Disperindagpas sudah sering menyurati Pertamina terkait banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh pengelola SPBU dalam mendistribusikan BBM, namun sejauh ini belum ada tindak lanjutnya.

''Permasalahan ini juga pernah disampaikan kepada Disperindag Provinsi dalam berbagai kesempatan, termasuk saat adanya rapat kerja yang dilaksanakan di Provinsi Riau,'' katanya lagi.

Selain itu Disperindag juga meminta kepada Pertamina untuk mengeluarkan aturan yang jelas terhadap kewenangan kabupaten dalam permasalahan BBM, sehingga daerah dapat bertndak sesuai dengan aturan yang berlaku.

''Kita juga meminta kepada Pertamina untuk pro aktif dalam menindaklanjuti laporan yang berasal dari daerah,'' pintanya.

Intinya, tambahnya, Pertamina harus mau turun ke daerah-daerah guna menindaklanjuti apa yang terjadi terhadap pendistribusian BBM yang berada didaerah. (aun)