DURI - Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkalis di Jalan Pipa Air Bersih, Desa Simpang Padang, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau saat ini, Senin (2/5/2016) tengah berlangsung pembukaan kegiatan pendidikan dan pelatihan welder dan fitter untuk angkatan kerja lulusan SMA dari Kecamatan Mandau dan Pinggir.

Ketua Panitia acara, Rani dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi yang saat ini sangat cepat serta banyaknya industri baru, membuat peluang bagi angkatan kerja. Untuk itu diperlukan satu keahlian khusus bagi angkatan kerja yang baru tamat khususnya tamatan SMA sederajat seperti keahlian welder yang sangat diperlukan perusahaan.

"Dengan adanya pelatihan iniangkatan kerja dapat bersaing dalam mencari peluang kerja. Dengan demikian, kegiatan pendidikan dan pelatihan welder dan fitter ini sangat bermanfaat bagi angkatan kerja. Mereka akan menjadi produktif dan memiliki keterampilan dalam pengelasan," imbuh Rani saat diwawancarai GoRiau.com, Senin (2/5/2016).

Kegiatan pendidikan dan pelatihan welder dan fitter ini diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari angkatan kerja lulusan SMA sederajat yang ada di Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir. "Dan akan berlangsung selama 25 hari kedepan," imbuh Rani lagi.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Bengkalis H Ridwan Yazid melalui Sekretarisnya Deni Alchan secara resmi membuka kegiatan tersebut dan menyampaikan pesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan welder dan fitter ini dengan tertib dan fokus.

"Diklat ini sangat bermanfaat sekali bagi peserta, untuk menambah skil dibidang pengelasan. Dimana banyak perusahaan saat ini membutuhkan tenaga kerja yang sudah terampil," kata Beni saat membuka kegiatan pelatihan pengelasan tersebut.

Menurut Beni, dengan ekonomi global saat ini banyak terjadi pengurangan tenaga kerja dan ini membawa dampak bagi semua pihak. Maka dari itu, pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis memberikan keterampilan kepada calon tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan yang ada.

"Lapangan pekerjaan saat ini tidak hanya bisa di isi oleh tenaga kerja lokal saja, bahkan orang asing juga bisa sesuai dengan pasar MEA saat ini. Jadi kalau kita tidak memiliki skil, akan sangat sulit mendapatkan pekerjaan. Yang penting untuk diingat adalah, dunia kerja saat ini sangat memprihatinkan. Sehingga Sisnakertrans memberikan peluang untuk melatihan tersebut. Mungkin hri ini pelatihan welder dan fitter, bisa jadi berikutnya pada bidang lainnya," ujar Beni, yang selanjutnya membuka kegiatan tersebut. (*/rha)