BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Sejak kabid bidang peternakan, Amin, S.Pi dimutasi ke dinas perikanan, otomatis posisi itu hingga saat ini masih lowong. Padahal, menjelang perayaan Idul Adha, sudah menanti tugas rutin yakni pemeriksaan hewan kurban yang tersebar diseluruh kecamatan. Menurut penjual hewan kurban, Sutikno, jumlah pemesan tahun ini mengalami peningkatan dari tahun kemarin.

Melihat kenyataan itu, anggota DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa, Habib Noor kepada GoRiau.com meminta agar dinas pertanian tanggap dengan permintaan hewan kurban oleh masyarakat dengan menugaskan tenaga pemeriksa kesehatan hewan kurban.

''Kita khawatir, hewan kurban yang dibeli oleh masyarakat tidak sesuai dengan harapan. Kita berhak memastikan apakah memenuhi syarat untuk kurban,'' kata Habib.

Habib mengatakan, masyarakat harus teliti dalam membeli hewan kurban sesuai dengan yang disyariatkan dalam ajaran agama Islam. Demikian juga dinas peternakan juga harus memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa daging kurban yang mereka dapatkan adalah daging yang aman, sehat, utuh dan halal. Selain itu, pemeriksaan juga berguna untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana cara menyembelih serta memperlakukan hewan dan daging kurban. (her/amr)