RENGAT,GORIAU.COM - Hujan yang nanti-nantikan masyarakat Indragiri Hulu (Inhu) akhirnya turun juga. Namun, intensitas hujan yang turtun tak mampu mengusir kabut asap pekat yang masih menyelimuti Inhu saat ini, Senin (28/9/2015).

"Pagi tadi Kecamatan Rengat yang diguyur hujan dengan intensitas sedang dan siang ini di Kecamatan Rengat Barat hujan juga turun, namun asap bukannya hilang melainkan kian pekat," sebut Yuni (22) warga Pematang Reba kepada GoRiau.Com.

Dengan turunnya hujan ini, kabut asap bisa lenyap dan masyarakat bisa kembali beraktifitas dengan normal, sebutnya.

"Hendaknya hujan ini adalah awal dari datangnya hujan lebat yang mampu mengusir asap dan mematikan titik api yang masih tersisa. Karena kabut asap yang sudah berlangsung sejak beberapa bulan ini telah sangat banyak merugikan masyarakat, termasuk dirinya sendiri" tukas mahasiswi salah satu sekolah tinggi di Rengat itu.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun GoRiau.Com, di Kabupaten Inhu masih terdapat 5 titik api dan saat ini masih mengeluarkan asap tipis, tiga titik beradadi Kecamatan Rengat dan dua titik berada di Kecamatan Batang Gangsal.

Sedangkan hujan dengan intensitas sedang tersebut mengguyur Kota Rengat sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.40 WIB, sedangkan di Kecamatan Rengat Barat, hujan mulai turun sejak pukul 11.35 WIB hingga 14.00 WIB. Dan hingga saat ini, gerimis masih berlangsung.

Didua kecamatan lain, yakni Kecamatan Seberida dan Pasir Penyu, informasi yang didapat dari masyarakat setempat menyebutkan bahwa, hujan dengan intensitas sedang juga sempat mengguyur daerah itu, namun hujan juga tidak mampu mengusir kabut asap yang tengah menyelimuti daerah itu.(jef)