PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebagai orang yang ikut menukangi rencana pembangunan Terminal Kargo Pekanbaru, akhirnya Kepala Dishubkominfo Pekanbaru Dedi Gusriadi mengakui ada persoalan dalam pembangunan terminal tersebut. Persoalan utamanya adalah dana.

''Ketika itu saya sebagai Kepala Bappeda Kota Pekanbaru. Pembangunan dari terminal kargo ditetapkan disekitaran terminal AKAP/AKDP BRPS. Namun saat itu ada kendala masalah pendanaan. Maka terhenti wacana tersebut,'' ujar Dedi sembari menegaskan, saat ini wacana tersebut akan diwujud pada tahun 2014.

Dedi yang juga mantan Kepala Bappeda Kota Pekanbaru ini mengatakan, terminal kargo sudah masuk rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) lima tahun mendatang dengan lokasi di daerah timur Pekanbaru atau tepatnya di daerah Tenayan Raya.

''Saat ini anggaranya untuk pembangunan terminal kargo itu sudah ada di APBD. Dan direncanakan sesuai RPJM tata ruang, maka pembangunan itu di Tenayan Raya yang bertujuan untuk pengembangan wilayah. Selain itu menjadi daerah lintasan baru untuk dari Pelalawan ke Dumai. Agar truk tidak masuk kota," terangnya. (rdi)