PEKANBARU, GORIAU.COM - Hingga saat ini belum ada kesimpulan untuk lokasi penampungan pengungsi muslim Rohingya di Provinsi Riau. Belum ada pulau yang layak dan sesuai untuk menampung jumlah mereka saat ini.

"Belum ada kesimpulan, karena rata-rata pulau kita kecil. Tidak muat untuk menampung mereka," kata Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Riau, Ramli Walid, Jumat (19/6/2015).

Saat ditanyakan berapa luas lokasi atau pulau yang diperlukan untuk penampungan muslim Rohingya, dikatakan Ramli sebesar Rp500 hektar. "Sementara pulau kita hanya kecil-kecil. Ada yang 15 hektar, 20 hektar, pokoknya tak ada yang sampai seluas itu," terang Ramli.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyiapkan alternatif Pulau Jemur untuk penampungan para pengungsi. Namun setelah ditinjau dan dikaji, lokasi tersebut tidak layak untuk didiami.

Selain kecil, pulau tersebut juga banyak bebatuan besar dan nantinya dikhawatirkan akan menyusahkan para pengungsi itu sendiri. Kemudian muncul alternatif lain yakni Pulau Rupat, namun juga dinilai kurang layak.***