RENGAT, GORIAU.COM - Setelah mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Rengat Barat, Bupati Indragiri Hulu (Inhu), H Yopi Arianto menanggalkan ikat pinggang para Kepala Desa (Kades) se Rengat Barat, Senin (3/2/2014).

Hal itu dilkukan Bupati Yopi pada saat melakukan pengecekan ikat pinggang para Kades yang hadir saat itu, alhasil tidak satupun Kades yang memakai ikat pinggang Korpri sesuai yang dianjurkan.

''Ini saya lakukan, agar para Kades mematuhi aturan dan keseragaman bahkan memakai ikat pinggang korpri adalah kewajiban,'' kata Bupati Inhu, Yopi Arianto.

''Kades adalah orang tertinggi di desa, mereka adalah contoh dan panutan, sehingga harus taat dengan aturan,'' sebut Yopi sembri tertawa.

Menurutnya, sebenarnya tanpa ikat pinggang itu tak mempengaruhi statusnya sebagai Kades. Hanya saja, ini tentng ketaatan akan aturan serta kedisiplinan, karena mereka adalah panutan masyarakatnya.

''Masak Kades tak taat aturan, bagaimana masyarakatnya nanti. Kita harapkan Kades bisa menjadi pelopor kedisiplinan di masing-masing desa yang dipimpinnya,'' tukas Yopi.

Pada saat itu, setelah membuka ikat pinggang Kadesn Bupati juga langsung mengganti dengan ikat pinggang Korpri yang dipakai kepala dinas (Jadis). (jef)