TEMBILAHAN - Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) sebagai generasi emas penerus bangsa menjadi atensi tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersama tenaga pendidik serta para orang tua wali murid untuk mengawal tumbuh kembang buah hati tercinta dalam mendapatkan pendidikan. Terutama saat menyiapkan anak-anak usia dini ketika memasuki masa transisi menuju ke jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Demikian dikatakan Hj Katerina Susanti Herman yang didaulat sebagai Bunda Paud Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) saat mengikuti senam sehat bersama anak-anak usia dini dihalaman Gedung Bersama Hitung Tembilahan Minggu, (11/02/2024).

Istri dari Pj Bupati Inhil Herman ini menyampaikan pentingnya menyiapkan proses transisi yang menyenangkan pada anak dalam beradaptasi ketika memasuki ke jenjang pendidikan lebih tinggi dimaksudkan agar anak-anak usia dini mampu beradaptasi terhadap lingkungan baru nantinya.

"Dengan hadirnya program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, anak diberikan pendidikan bukan hanya kognitif semata, namun juga menciptakan kematangan emosi dan kemandirian sehingga diharapkan anak-anak usia dini ini nantinya siap memasuki lingkungan sekolah yang baru," terang Katerina Susanti Herman.

Katerina menjelaskan proses masa transisi anak ketika memasuki lingkungan baru itu diperlukan dukungan para orang tua/wali murid serta peran guru, sehingga ketika mereka menyelesaikan pendidikan PAUD, anak-anak sudah siap secara mental dalam beradaptasi ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada kegiatan itu Katerina Susanti terlihat berinteraksi bersama anak-anak guna memberikan edukasi untuk menambah literasi dengan cara membacakan dongeng yang di ikuti anak -anak dengan penuh antusiasme.

Acara senam sehat bersama yang di hadiri langsung oleh Pj Bupati Inhil itu kemudian di lanjutkan dengan meninjau Pustaka keliling bersama para guru dan OPD terkait lainnya. ***