BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin membuka secara resmi Bazar Ramadan tingkat Kabupaten Bengkalis yang dipusat di kawasan Sungai Bengkel, Senin sore (6/6/2016). Usai dibuka Bupati, dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni.

Hadir saat pembukaan, Wakil Bupati Bengkalis, H Muhammad, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Lindawati, Staf Ahli, Kepala Dinas dan Badan, Camat, Lurah dan tokoh masyarakat.

Bazar Ramadan yang difasilitasi Dinas Pasar dan Kebersihan (DPK) Bengkalis ini, untuk tingkat kabupaten diikuti 136 pedagang. Selain tingkat kabupaten, Dinas Pasar dan Kebersihan juga menggelar menggelar Bazar Ramadan seluruh kecamatan, dimana semua fasilitas tanpa dipungut biaya alias ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Usai meresmikan Bazar Ramadan, didampingi Kadis Pasar dan Kebersihan, H Indra Gunawan, Bupati beserta istri meninjau dan melihat dari dekat juadah berbuaka puasa yang dijual pedagang. Kesempatan itu juga digunakan Bupati dan isteri bersilaturahim dengan warga. Bukan hanya dengan para pedagang, tetapi juga para warga lainnya yang tengah membeli berbagai juadah untuk berbuka puasa. Kedatangan Bupati beserta istri itu mendapat sambutan hangat.

Bupati mengimbau kepada pedagang agar memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini. Kemudian, dalam berjualan hendaknya harus memperhatikan faktor kesehatan dan kebersihan. Jangan sampai dagangan yang dijual menggunakan bahan pengawet dan zat pewarna.

''Jangan karena ingin mencari keuntungan besar dengan melakukan tindakan tercela, sehingga mengabaikan konsumen. Jangan nodai kesucian bulan ramadhan ini dengan tindakan yang tercelah yang dilarang agama dan dapat mengurangi nilai ibadah puasa kita,'' pesan Amril.

Amril berharap keberadan Bazar Ramadan ini dapat mempererat silaturahmi diantara kita, baik itu antar sesama pedagang, maupun pedagang dengan pembeli serta sesama pembeli, sehingga terciptanya suasana kekeluargaan yang kokoh dan diharapkan dapat memperkuat keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Kehadiran Bazar Ramadan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan juadah untuk berbuka puasa, merupakan berkah bulan Ramadan. Dengan demikian, menjadi peluang ekonomi bagi para pedagang, khususnya makanan dan minuman, untuk mencari tambahan rezeki.

Pada kesempatan itu, Amril juga mengimbau pedagang agar senantiasa menjaga kebersihan, baik makanan yang dijual, maupun tempat berjualan. Sebab faktor kebersihan ini, sangat mempengaruhi daya tarik orang untuk membeli makanan yang dijual.

Gratis

Terpisah Kepala DPK Kabupaten Bengkalis H Indra Gunawan mengungkapkan, semua fasilitas yang disediakan kepada pedagang tidak dipungut biaya. Mulai dari meja, fasilitas listrik dan saran lainnya, termasuk halaman parkirnya, semua serba gratis. Hal ini demi pelayanan kepada masyarakat selama Ramadhan ini.

''Kita hanya minta agar pedagang tertib, dan menjaga kebersihan selama berjualan,'' ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Bazar Ramadan, Hamdan Rahman dalam laporannya mengatakan, Bazar Ramadan tingkat Kabupaten Bengkalis yang dipusatkan di kawasan Sungai Bengkel diikuti 136 pedagang, terdiri dari pedagang kue sebanyak 60 pedagang, minuman 26 pedagang, lauk pauk 45 dan buah-buahan sebanyak 5 pedagang.

Ditambahkan Hamdan, selain dilaksanakan di ibu kota kabupaten, Bazar Ramadan juga dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.***