PEKANBARU, GORIAU.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau kembali menggelar kegiatan akbar yang rutin diadakan setiap tahun, yaitu MIPA Expo IX tahun 2015 se-Regional X Sumatera. Rangkaian kegiatan MIPA EXPO IX ini dimulai dari bulan Januari hingga acara puncaknya akan diadakan pada bulan Maret 2015.

Kegiatan MIPA EXPO telah dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau sebanyak 8 kali periode yaitu dari tahun 2007 hingga tahun 2014, dengan peserta yang berasal dari pelajar SMA/SMK sederajat dan mahasiswa/i perguruan tinggi yang berada di regional X Sumatera.

Ketua Panitia Pelaksana MIPA Expo IX Tahun 2015 se-Regional Sumatera, Yoserizal kepada GoRiau.com, Selasa (10/2/2015) mengatakan bahwa MIPA Expo merupakan agenda tahunan terbesar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau yang muncul sebagai wadah untuk menampung potensi, bakat, dan keterampilan daripada siswa dan mahasiswa yang haus akan kompetisi di bidang akademik maupun non-akademik.

Pada tahun ke-sembilan pelaksanaannya, MIPA Expo kali ini bertemakan ''Spectacular of Science'', dengan beragam bentuk kegiatan dan perlombaan baik di bidang akademik maupun non-akademik. Kegiatan perlombaan di bidang akademik yaitu: Olimpiade Sains Siswa (OSS), Pesona Sains Siswa dan Mahasiswa, Try Out UN, Ranking 1, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Debat Sains berbahasa Inggris, serta Kontes Teknologi Tepat Guna (KTTG). Sedangkan untuk bidang non-akademik yaitu: Lomba Akustik, Lomba Lagu Melayu, Lomba Karikatur, Lomba Masakan Daerah, dan Lomba Mading Daur Ulang 3D.

Selain rangkaian kegiatan perlombaan, MIPA Expo IX Tahun 2015 ini juga akan mengadakan Seminar Umum Nasional bertajuk ''Peran dan Perkembangan Teknologi di Indonesia'' dan Seminar Pendidikan bagi Guru dan mengangkat tema mengenai metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

''Harapan untuk MIPA Expo IX Tahun 2015 se-Regional Sumatera ini agar memunculkan potensi dan bakat-bakat baru yang berperan dalam perkembangan sains, teknologi, serta kreativitas para pelajar Indonesia khususnya regional X Sumatera,'' ungkap Muhammad Asnawir Nasution selaku Gubernur Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau.

Bagi pelajar SMA/SMK sederajat dan mahasiswa/i perguruan tinggi yang berada di regional X Sumatera dan ingin mendaftar atau ingin menjadi bagian dari rangkaian kegiatan MIPA Expo IX Tahun 2015 bisa mendaftar langsung ke Sekretariat Panitia MIPA Expo IX, Gedung Lembaga Mahasiswa FMIPA Universitas Riau, Kampus Bina Widya, Jl.HR Soebrantas Km 12.5, Pekanbaru, Riau atau langsung mendaftarkan diri di mipaexpo.bemfmipaur.org yang merupakan situs resmi MIPA Expo IX Tahun 2015. ''Info lebih lengkap mengenai kegiatan MIPA Expo IX Tahun 2015 juga dapat diakses di situs ini,'' tutupnya. (rls)