DUMAI, GORIAU.COM - Zachary Luke Strickland, seorang warga negara Inggris bernasib apes saat melakukan perjalanan ke Kota Dumai. Pria yang diketahui alamatnya di 197 The Street, West Horskey, Surrey KT 246 HR, United kingdom of Great Britain, Inggris tertangkap oleh petugas Kantor Pengawasan Penindakan Bea dan Cukai Madya B Dumai di Pelabuhan Dumai kerena kedapatan membawa daun ganja sebanyak tiga linting, akhir pekan kemarin.

Setelah ditangkap Bea Cukai, tersangka yang merupakan sebagai petugas pemandu wisata ini dilimpahkan ke Polres Dumai. Menindaklanjuti hal itu, Kapolres Dumai AKBP Ristiawan Bulkaini SH ketika dikonfirmasi sebagaimana dikutip www.goriau.com dari dumaisatu.com, Senin (8/10/12) membenarkan tentang adanya limpahan tersangka WNA tangkapan BC Dumai, karena kedapatan membawa tiga paket ganja.

''Benar kita telah menerima limpahan tersangka Zachary karena kedapat membawa daun ganja. Penangkapan itu sendiri dilakukan petugas BC Dumai di pintu masuk pelabuhan penumpang. Tersangka sendiri saat ini diketahui sebagai petugas Traveler bagi wisatan yang berkunjung ke Indonesia melalui Dumai,'' ungkap Ajun Komisaris Polisi Besar Ristiawan Bulkaini SH.

Dikatakan Kapolres Dumai, tersangka yang datang dari negara Malaysia dengan menggunakan kapal Fery Indomal Express tersebut diserahkan pihak KPPBC Dumai pada hari Jumat (5/10/2012) sekira pukul 19.30 WIB setelah sebelumnya diperiksa oleh pihak KPPBC Dumai. Saat ini tersangka sendiri, lanjut Ristiawan Bulkaini SH, sedang dalam pemeriksaan lebih lanjut di Mapolres Dumai.

''Bersama tersangka dan berikut barang bukti 3 paket diduga narkotika jenis ganja, 1 buah passport NO.801856229, 1 buah tiket Fery tujuan Malaka-Dumai, 1 buah HP merk APPLE seri iphone 4, 1 buah dompet berisikan uang tunai USD senilai 6.200 ikut dilimpahkan ke ke kita," jelasnya.

Selain mengamankan barang bukti, lanjut Kapolres Dumai, sejumlah barang bukti lainnya yaitu uang tunai jenis euro senilai 5.600, Traveller chek senilai 7.600 USD dan 2 buah tas berisi pakaian milik tersangka guna kepentingan penyidikan. Dengan demikian, pihaknya mengharapkan kerjasama antara Polres dan BC Dumai terjalin dengan baik dalam penuntasan pemberantasan narkoba. ***