TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Program penyuluhan kesehatan dan pola hidup sehat terus digalakkan PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di desa-desa sekitar wilayah operasional perusahaan. Melalui program Community Development (CD), RAPP berkolaborasi dengan pemerintah setempat, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan dan UPTD Pendidikan serta pihak Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Sabtu (12/10) di SD 011 Pulau Mungkur, Kecamatan Gunung Toar, Kuansing.

Koordinator CD Region Kuansing, Mahmud Hasyim, didampingi CDO, Ismed Inono dan Askep Fire Protection Estate RAPP Cerenti, mengatakan sebagai bagian dari masyarakat, RAPP berkewajiban memberikan kontribusi terhadap masyarakat, terutama yang berada di sekitar perusahaan. Sebagai wujud kepedulian tersebut, maka RAPP untuk tahun ini memfokuskan kepada kegiatan bersifat penyuluhan kesehatan yakni memberikan pendidikan perilaku pola hidup sehat dan bersih (PHBS) kepada masyarakat sejak usia sekolah.

''Kita bekerjasama dengan UPTD dan Kecamatan dalam kegiatan ini, memberikan penyuluhan tentang bagaimana menggosok gigi yang baik, cuci tangan pakai sabun dan berperilaku hidup sehat. Alhamdulillah, respon maupun antusias masyarakat sangat luar biasa, sekitar 500 orang peserta mengikuti dengan seksama penyuluhan yang diberikan oleh tim dari UPTD,'' ujar Mahmud.

Kepala UPTD Kesehatan Gunung Toar, Weni Syafrita, S.Keb mengapresiasi kegiatan yang digelar bersama RAPP ini. Menurutnya selain membantu program pemerintah, kegiatan PHBS ini mampu menjangkau desa-desa lainnya yang masih belum memahami tentang pentingnya hidup sehat dan bersih itu.

''Acaranya sukses dan lancar, tentunya sangat bermanfaat. Kader-kader kesehatan kita juga terus menggelar penyuluhan ini, dan semoga dengan partisipasi dari RAPP, mampu membangkitkan kesadaran masyarakat kita yang sebagian lagi masih rendah pemahamannya, lantaran kurangnya tingkat pendidikan dan pengaruh budaya lokal yang kuat. Bahkan, ada yang tidak mau untuk imunisasi,'' ungkap Weni.

Weni yang sudah berdinas sejak tahun 1989 di Kuansing ini menambahkan peserta yang berasal dari siswa, guru UKS, termasuk Kepala Sekolah dan Komite Sekolah ini terlihat serius mendengarkan pengarahan dari tim UPTD Kesehatan. Selama ini yang dilakukan dalam menggosok gigi masih banyak yang belum mengetahui teori yang benar.

Acara yang dibuka oleh Camat diwakili Sekretaris Camat, Drs. Pulkanis menyambut baik kegiatan tersebut dan mengucapkan terimakasih kepada RAPP. Ia berharap PHBS tersebut bisa bermanfaat dan terus dilanjutkan ke depannya.

Guna memeriahkan kegiatan tersebut, juga digelar kegiatan Cerdas Cermat bertabur hadiah, berupa 25 paket dari Camat, Sekcam, Kepala UPTD Kesehatan dan UPTD Pendidikan serta Kepala Puskesmas Gunung Toar. Di samping itu, bersempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kabupaten Kuansing dan Bulan Kesehatan Nasional 2014, RAPP juga menggelar pelatihan kader Posyandu, Senin (13/10), di Gedung Serbaguna Kecamatan Gunung Toar. (rls)