BENGKALIS, GORIAU.COM - Empat unit mesin sewa PLN Rayon Bengkalis milik PT Kerta Bumi Teknindo sudah tiba di Bengkalis, , Rabu (26/6). Mesin sewa ini digunakan untuk mengatasi defisit daya yang mengakibatkan terjadinya pemadaman bergilir sejak beberapa bulan terakhir ini.

Manajer PLN Rayon Bengkalis, Andi Prasetiawan, Rabu (26/6/2013) mengatakan, keempat mesin sewa itu memiliki total daya sebesar 3.000 KW dan kini sudah tiba di lokasi PLTD di Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis.

''Mesin itu sudah merapat di PLTD Pangkalan Batang. Sekarang sedang dalam proses pembongkaran,'' ujar Andi melalui pesan singkat.

Seperti disampaikan Andi, proses pemadaman listrik secarra bergilir di pulau Bengkalis disebabkan terjadinya pemakain listrik yang besar di beban puncak malam hari yang mencapai 14.500 KW dengan ketersediaan daya mampu yang hanya sebesar 13.800 KW, dan disebabkan adanya gangguan mesin BAP sebanyak satu unit.

Karena terjadi pemakaian listrik yang besar saat beban puncak, PLN sendiri mengalami defisit daya mencapai 700 KW. Untuk mengatasinya, PLN Rayon Bengkalis mengupayakan penambahan mesin sewa agar tidak lagi terjadi pemadaman bergilir.

Kapan keempat mesin sewa ini akan segera dioperasikan, Andi belum bisa menjawab kapan persisnya. Pihaknya berharap agar keempat mesin sewa ini dapat dioperasikan sebelum memasuki bulan puasa tahun ini.

''Karena itu barang (mesin sewa, red) pihak ketiga, bagusnya nanti ditanyakan langsung sama koordinatornya. Kalau kami PLN maunya sih sebelum puasa sudah bisa beroperasi,'' ujar Andi. (jfk)