PEKANBARU, GORIAU.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Riau kembali menggelar roadshow internet sehat, aman, cerdas, kreatif, dan produktif (Insan Cakap) bagi murid Sekolah Dasar, Kamis (28/5/2015). Peserta roadshow yang berjumlah 200 orang tersebut berasal dari SD Negeri 036 dan SD Negeri 037 Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

Acara yang berlangsung di Aula SD Negeri 037 Tapung ini berlangsung meriah dengan dihadiri Kepala Diskominfo Riau, Yogi Getri, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kampar, H. Aidil, Kepala UPT Media Center Diskominfo Riau, Mastar Mahad, narasumber dari Universitas Riau, DR. Adiwirman, MS dan dari UIN Suska Riau, Aulia Ullah, M.Eng, serta sejumlah guru dan undangan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052015/2jpg-2289.jpgLebih 200 orang siswa SD Negeri 037 dan 036 dan didampingini guru-guru kedua Sekalah Dasar Desa Indah Karya Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Kamis (28/5) mengikuti Road Show INSAN CAKAP yang ditaja Diskominfo Provinsi Riau.Dalam sambutannya, Kadis Kominfo yang diwakili Kepala UPT Media Center Diskominfo Riau Mastar menghimbau agar pelajar dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk keperluan positif. Ia mengatakan, saat ini anak-anak dapat dengan mudah mengakses internet, karenanya perlu dilakukan antisipasi sejak dini dengan memberikan pemahaman dan bimbingan kepada mereka dalam menggunakan internet secara baik dan benar.

''Internet memiliki banyak manfaat bagi siswa, diantaranya sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Hal tersebut dapat membuat siswa menjadi lebih kreatif dan aktif serta mudah dalam menyelesaikan tugas sekolah. Namun dibalik manfaat internet juga menimbulkan dampak negatif seperti pornografi, bullying, kasus penculikan, dan sebagainya yang patut diwaspadai,'' tambahnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052015/3jpg-2290.jpgDR.Ir. Adiwirman, MS Dosen Universitas Riau memotivasi kepada peserta Roadshow INSAN CAKAP yang diselenggarakan oleh Diskominfo Riau.Ketua pelaksana Kasubbag Tata Usaha Media Center Diskominfo Riau Dra Lisya Elvira Salami, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan dan peningkatan pemahaman kepada pelajar tentang cara penggunaan teknologi internet sehat, aman, cerdas, kreatif dan produktif. Diharapkan, dengan bertambahnya wawasan pelajar dapat mengurangi dampak negatif penggunaan internet.

Kegiatan roadshow Insan Cakap bertujuan untuk memperkecil dampak negatif penggunaan internet di kalangan pelajar. Pelajar yang mampu memanfaatkan internet secara positif dapat meningkatkan daya kompetisi mereka. Oleh karena itu para siswa diharapkan dapat lebih bijak dalam penggunaan internet sehingga manfaat maksimal dapat diperoleh. (rls)