SELATPANJANG - Satuan lalu lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, memiliki dua unit one wheel segway. Alat ini digunakan anggota Satlantas Polres Kepulauan Meranti saat mengatur lalu lintas di Kota Selatpanjang.

One wheel segway ini sebelumnya diadakan saat Kapolres Kepulauan Meranti pertama yaitu AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi. Hingga saat ini, dua alat yang sering digunakan polisi saat mengatur lalu lintas masih berfungsi dengan baik dan sering digunakan di Kota Sagu.

Butuh keahlian dan kelihaian untuk berdiri tegap di atas one wheel segway ini. Kalau tidak bisa menjaga keseimbangan, bisa berakibat fatal. Pengguna akan terjatuh, dan bahayanya andai terjatuh di jalan batu.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah SIk melalui Kasat Lantas AKP Yohanes Basri SPi mengatakan kegiatan mengatur lalu lintas menggunakan one wheel segway ini dilaksanakan setiap hari. Terutama pada saat jam sibuk, baik pagi hari, saat anak-anak pulang sekolah, maupun saat pekerja pulang dari kantor.

"Giat mengatur lalu lintas ini untuk antisipasi laka lantas serta meningkatkan kesadaran masyarakat Kepulauan Meranti kita laksanakan setiap hari, terutama saat sibuk," kata Yohanes Basri.

Selain menggunakan one wheel segway ini, pengaturan lalu lintas juga dibantu beberapa personil lainnya yang di tempatkan di segala penjuru.

Kedepan, kata Yohanes Basri, pengaturan lalu lintas selain menggunakan one wheel segway, juga akan dilengkapi dengan audio. Hanya saja, saat ini masih dicari seperti apa pola dalam pengisian suara saat mengatur lalu lintas itu nantinya. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini