SIAK - Dengan terus bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau dalam 2 hari terakhir, harusnya dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga diri dan terhindar dari virus Corona.

"Kasus pasien positif terus meningkat di Riau, jadi masyarakat harus sadar dengan ancaman Covid-19 yang masih nyata ini. Jangan mengabaikan protokol kesehatan jika ingin tetap sehat," kata Penjabat Sekda Siak, Drs H Jamaduludin kepada GoRiau.com, Rabu (24/6/2020).

Jamal juga mengingatkan masyarakat Kabupaten Siak di seluruh Kecamatan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan rumah maupun di tempat umum.

"Masyarakat memegang peranan penting dalam menekan jumlah kasus maupun mencegah penyebaran Covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Makanya masyarakat harus disiplin mengikuti dan mematuhi anjuran pemerintah," kata Jamal.

Saat ini, imbauan kepada masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan sudah banyak disosialisasikan oleh instansi pemerintah, TNI, Polri baik secara langsung maupun melalui media cetak, online, spanduk, radio serta televisi.

"Bahkan Tim Gugus Tugas kabupaten Siak bersama Forkompinda terus menghimbau warga untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam Tatanan Normal baru, karena masa pandemi Covid-19 kita harus produktif dan aman," kata Jamal lagi.

Menurut prediksi ahli Epidemiologi, Jamal menyampaikan, Pandemi Covid-19 ini akan berlangsung sampai Desember 2021. Makanya langkah yang diambil oleh Pemda Siak menetapkan kawasan tertib protokol kesehatan Covid-19.

"Jadi di kawasan ini mewajibkan masyarakat memakai memakai masker bila masuk kota Siak, jaga jarak dan jaga kebersihan. Sedangkan di Pasar Belantik dijadikan sebagai pasar ramah Covid-19, artinya setiap warga masuk pasar belantik wajib pakai masker, cuuci tangan dan jaga jarak dan antri," ucap Jamal. ***