BANGKINANG - Peran pemerintah cukup besar dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama di Kabupaten Kampar. Peran pemerintahan ini hadir dari Dinas Sosial Kabupaten Kampar, dalam memelihara Kerukunan Umat Beragama cukup besar. Beberapa tokoh masyarakat yang menyatakan leterlibatannya dalam usaha tersebut.

Kepala Dinas Sosial H Dahlan sebagai salah satu oraganisasi pemerintahan Kabupaten Kampar ia cukup berperan menjaga kerukunan hidup beragama.

Keagamaan umat Islam di Kampar pun cukup aktif memelihara kerukunan. Beberapa pertemuan antara tokoh agama yang sering diikuti dan memberikan sumbangan fikiran tentang bagaimana menjaga kerukunan hidup umat bergama yang telah belangsung sejak dahulu di Negeri Serambi Mekkah ini. Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kampar ini sering aktif dalam memberikan sumbangan fikiran dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama.

"Terwujudnya kehidupan masyarakat Kampar yang sejahtera lahir dan batin pentingnya visi terhadap institusi yang bergerak dibidang pelayanan masyarakat. Contohnya menyusun misi seperti peningkatan kualitas keagamaan masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan masyarakat dan kebudayaan daerah, peningkatan kualitas perempuan, peningkatan pemuda dan olah raga, peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat," sebut Dahlan.

Dia mengatakan khusus pada misi peningkatan kualitas keagamaan masyarakat harus disusun beberapa program. Sesuai tugas dan fungsi bidang kehidupan keagamaan yang berada di bawah ruang lingkup bidang pembinaan dan pengembangan kesejahteraan Sosial, maka tugas-tugas tersebut yang harus diterapkan adalah pembinaan dan pengembangan SDM umat yang beriman dan bertaqwah kepada tuhan yang maha esa, pembinaan dan pengembangan kerukunan hidup umat beragama, pembinaan dan pengambangan sarana prasarana ibadah, pembinanaan dan pengembangan kegiatan-kegitanan keagamaan, pembinaan dan pengembangan organisasi-organisasi keagamaan.

Kepala Dinas Sosial ini menambahkan bahwa untuk menciptakan suasana kerukunan hidup umat beragama, Pemkab Kampar harus menyusun langkah strategis. Langkah-langkah strategis kaitan tersebut yang diatas dan sebagai berikut: Bertindak sebagai fasilitator dan dinamisator dalam melayani kepentingan-kepentingan keagamaan bagi komunitas-komunitas agama, mendorong umat beragama agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka kapada tuhan yang maha esa dalam suasana rukun, baik intern maupun antar umat beragama, dan melayani dan menyediakan kemudahan beribadah bagi para pemeluk agama. Selanjutnya tidak mencampuri urusan aqidah/dogma dan ibadah sesuatu agama, mendorong peningkatan pengalaman dan penunaian ajaran agam dan melindungi agama dari menyalagunaan dan penodaan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/14092017/1ajpg-6379.jpgKetua FKUB Kabupaten Kampar H Zulhermis saat bersilaturahmi bersama masyarakat.

Sementara itu Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Kampar, Afrizal Abra, S.sos mendorong dan mengarahkan seluruh umat beragama untuk hidup rukun dalam bingkai pancasila dan konstitusi tertib hukum bersama.

"Mendorong, menfasilitasi dan mengembangkan terciptanya dialoq dan kerjasama antar pemimpin agama, organisasi-organisasi keagamaan dalam rangka untuk membangun toleransi dan kerukunan umat beragama, mengembangkan wawasan multicultural bagi segenap lapisan dan unsur masyarakat melalui jalur pendidikan, penyuluhan dan riset dan lain-lain," sebut Afrizal ini.

Dan sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Kabupaten Kampar, M Yasir agar selalu terwujud kerukunan hidup beragama di Kampar dengan meningkatkan SDM (pemimpin agama dan pemimpin masyarakat lokal) untuk ketahanan dan kerukunan masyarakat bawah Fungsionalisasi pranata lokal seperti adat istiadat, tradisi dan norma-norma sosial yang mendukung upaya kerukunan umat beragama.

"Mengundang partisifasi semua kelompok dan lapisan masyarakat agama sesuai potensi yang dimiliki masing-masing melalui kegiatan-kegiatan dialog musyawarah, tatap muka dan kerjasama. Dan agar kerukunan hidup umat beragama selalu terjaga adalah dengan memberikan fasilitas dan bantuan dana atas pelaksanaan forum silaturrahmi dialog antar pemuka agama, masyarakat, tokoh adat degan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/14092017/2ajpg-6378.jpgKepala Dinas Sosial Kabupaten Kampar, H Dahlan saat memberikan bantuan kepada masyarakat.

Ketua FKUB Kabupaten Kampar H Zulhermis mengatakan bahwa perlunya pemeliharaan kehidupan beragama dan kerukunan umat beragama, bahwa sebagai warga negara Indonesia kita terikat dalam suatu tatanan kebangsaan dan sesama manusia sebagai keturunan anak adam sehingga diperlukan adanya saling menghargai dan saling menghormati antar umat beragama, selain itu disampaikan bahwa kerukunan umat beragama akan tercapai apabila semakin intensif diadakan silaturahmi dan diskusi antar umat beragama," harapnya. ***