SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kunjungan kerja Presiden RI Jokowi ke Provinsi Riau, tidak disia-siakan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi. Saat Presiden menggelar pertemuan dengan Plt Gubri dan seluruh bupati kabupaten/kota se-Riau di ruangan VIP Bandara Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Rabu (26/11/14), Syamsuar berupaya menyampaikan berbagai persoalan pembangunan di Negeri Istana kepada Jokowi.

Salah satu persoalan yang disampaikan Syamsuar, terkait kelanjutan pembangunan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) di Kecamatan Sungai Apit.

"Saat saya berdialog langsung dengan Pak Presiden, saya sampaikan berbagai persoalan di KITB. Saya usulkan agar pemerintah pusat memperhatikan KITB agar segera beroperasi. Sebab, sudah bertahun-tahun kita usulkan ke pusat, tapi tak pernah disikapi. Mudah-mudahan Pak Jokowi merespon usulan kita ini," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Kamis (27/11/14).

Selain mengoperasikan KITB sebagai pelabuhan ekspor impor CPO, lanjut Bupati, dirinya juga mengusulkan pembangunan jalan High Way dari Pekanbaru-Pelalawan-Pelabuhan Tanjung Buton.

"Pembangunan akses jalan High Way ini untuk mendukung KITB sebagai pelabuhan CPO. Artinya, kalau KITB ini berfungsi, tentu memberi kemudahan bagi investor, sebab selama ini pelabuhan CPO hanya ada di Dumai," ujarnya.

Terkait tanggapan Presiden terhadap usulan KITB itu, Bupati mengaku puas. Sebab Presiden komitmen membantu untuk mewujudkan rencana pembangunan KITB tersebut.

"Beliau (Jokowi,red) komit membantu dan minta bisnis plan pembangunan KITB, termasuk juga membangun jalan tol Pekanbaru-Dumai, yang nantinya juga melewati wilayah Siak," tutup Syamsuar.(nal)