BAGANSIAPIAPI,GORIAU.COM - Alokasi dana pembangunan untuk kecamatan Tanah putih sedinginan tahun 2015 sebesar Rp 61 Miliar. Anggaran itu sesuai dengan hasil Musrenbang kecamatan.

Demikian disampaikan Plt Sekda Rohil, Drs Surya Arpan,M.Si dalam rangka safari malam ke 9 ramadan pada kamis malam, (25/6/2015) di Mesjid An nur kecamatan Tanah Putih Sedinginan.

Surya Arpan mengungkapkan, keluhan masyarakat Tanah Putih Sedinginan selama ini, pemerintah akan membantu dengan sejumlah program diantaranya pembangunan pagar, rehab mesjid, pembangunan sekolah serta pemasangan jaringan listrik.

Namun bantuan anggaran dana hibah dan sosial, tambahnya lagi, ada perbedaan dengan tahun lalu. Contohnya, proposal bantuan rumah ibadah yang diajukan tahun ini, tidak bisa direalisasikan sekarang, tapi tahun akan datang.

Ada beberapa aturan yang membuat pemerintah mengubah kebijakan karena berkaca pada kasus dana bansos di kabupaten Bengkalis yang melibatkan banyak pejabat setempat.

''Kita tidak mau main main dengan permasalahan keuangan. Pemerintah tidak pernah mempersulit masyarakat. Tapi peraturanlah yang mengharuskan pemkab bersikap hati hati,'' katanya.

Dikatakan Surya, rata-rata tingkat ekonomi masyarakat Tanah Putih Sedinginan cukup mapan dari kecamatan Bangko. Walaupun kecamatan Bangko berada di ibukota kabupaten namun tidak menjamin kehidupan ekonomi masyarakatnya yang berprofesi PNS dan buruh lebih baik.

Berbanding terbalik dengan kehidupan masyarakat Tanah putih yang sebagian besar memiliki kebun sawit dan karet.

Sementara itu, Camat Tanah Putih Sedinginan, Suryadi,SE menyebutkan, Sintong disebut juga negeri tinggi yang pernah dipimpin oleh seorang putri. Rasa kebersamaan masyarakat sangat bagus dan mau bersinergi dengan pemerintah. Walaupun menggunakan genset, mereka tetap rajin beribadah

''Untuk itu, kita sangat memerlukan jaringan listrik,'' kata Suryadi.

Dalam Safari Ramadhan itu, pemkab menyumbang dana untuk tiga mesjid yang langsung diserahkan oleh Setda dan asisten.

Hadir dalam acara itu,ketua tirakat Naksabandiyah, Mursid, dan didampingi Ketua Bappeda M. Job Kurniawan, Asisten bidang Administrasi, Dahniar,S.Kep, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Hasrial,SE, Kadis Perkebunan dan Kadis Pertanian, camat Tanah putih Sedinginan, Suryadi,SE dan seluruh kepala desa sekecamatan Tanah Putih Sedinginan. (amr)