PEKANBARU, GORIAU.COM - Panca penetapan Annas Maamun sebagai tersangka penerima suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), beberapa nama muncul sebagai kandidat calon Wakil Gubernur Riau yang akan mendampingi Andi Rachman yang akan menjadi Gubernur.

Sedikitnya ada lima nama yang mencuat dari Partai Golkar, partai yang mengusung pasangan Annas Maamun - Andi Rachman saat pemilihan. Lima nama tersebut tiga dari politisi dan dua dari birokrat.

Kelima nama tersebut adalah Ruspan Aman, saat ini Ketua Harian DPD Golkar Riau, Suparman yang saat ini menjadi Ketua DPRD Riau sementara, Johar Firdaus yang merupakan mantan Ketua DPRD Riau serta dua bupati asal Golkar yaitu Drs Syamsuar (Bupati Siak) dan HM Harris (Bupati Pelalawan).

Sumber GoRiau.com di DPD Golkar Riau menyebutkan, pembicaraan usulan nama yang akan menggantikan Annas Mamun atau mendampingi Andi Rachman tersebut, saat ini sudah santer, namun masih di kalangan individu dan belum sampai ke rapat pleno pengurus.

''Isunya memang begitu. Tapi kami tak tahu kapan akan dirapatkan, apalagi Andi Rachman belum menerima SK pengangkatan sebagai Gubernur sebagaimana dijanjikan oleh Mendagri,'' ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian DPD Golkar Riau, Ruspan Aman saat dikonfirmasi melalui telepon tidak mengangkat. Beberapa kali dihubungi juga tidak menjawab. Begitu juga Humas DPP Golkar Indra J Piliang.

Seperti diketahui, Gubernur Riau, Annas Maamun sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka penerima suap, Jumat (26/9/2014). Dan saat ini harus menginap di tahanan.

Dengan penahanan ini, otomatis kendali pemerintahan diambil alih Wakil Gubernur Riau Andi Rachman dan SK penetapan akan diproses Mendagri dalam pekan ini. ***