DUMAI, GORIAU.COM - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Dumai dengan resmi menggelar O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) dan FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) se Kota Dumai tahun 2014.

Pembukaaan O2SN dan FLS2N tingkat SD dan SMP se Kota Dumai itu, secara resmi dibuka langsung oleh Walikota Dumai Khairul Anwar yang ditandai dengan Apel Upacara Pembukaan dan Pelepasan Balon ke udara yang berlangsung di Halaman Eks Kantor Walikota, Jalan HR Soebrantas Dumai, Senin (21/4/2014).

Walikota Dumai Khairul Anwar yang memimpin jalannya Apel Upacara Pembukaan O2SN dan FLS2N tingkat SD dan SMP se Kota Dumai, dalam amanatnya menyampaikan, bahwa urusan Pendidikan merupakan salah satu urusan utama pemerintah, karena itu pemerintah menaruh perhatian yang besar serta berupaya memenuhi target pembangunan di bidang pendidikan.

''Tidak dapat dipungkiri saat ini kita dihadapkan pada tantangan pengembangan pelayanan pendidikan yang bermutu dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Upaya yang kita lakukan hari ini, merupakan upaya Pemko Dumai dalam mengembangkan tujuan yang dimaksud. Untuk itu, saya mengharapkan kepada Disdik Dumai dan seluruh insan pendidikan di kota Dumai untuk saling bergandengan tangan, bahu membahu, menuju peningkatan mutu dan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat,'' ajak Khairul.

Menurutnya, kegiatan O2SN dan FLS2N merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yang telah dimulai sejak tahun 2008. ''Tujuan dari O2SN dan FLS2N itu sendiri ialah, untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik yang mempunyai bakat dibidang olahraga dan seni, agar dapat meningkatkan skill dan kemapuan sesuai dengan bidang yang diminatinya,” terangnya.

Selain itu, kata Walikota, ajang O2SN dan FLS2N tentunya, dalam rangka membentuk sikap dan karaktek peserta didik yang penuh dengan kreatifitas, rasa persahabatan dan kebangsaan yang tinggi antar sesama peserta didik. Dan juga untuk meningkatkan mutu pendidikan di ktoa Dumai.

Kompetisi yang akan dilaksanakan ini, sebut Walikota, merupakan salah satu kegiatan yang bersifat improvisasi dalam pengembangan serta peningkatan taraf intelegensia peserta didik yang pada akhirnya juga dapat memacu kompetensi sekolah. Pemerintah sangat mendukung kegiatan ini sepenuhnya dan berharap, agar pelaksanaannya dapat ditata sedemikian rupa, sehingga mampu menghasilkan kompetitor - kompetitor tangguh dalam ajang yang lebih tinggi nantinya.

''Seiring dengan hal tersebut, kita patut bangga, Prestasi gemilang pernah diraih kota Dumai pada ajang O2SN sebelumnya, yakni Juara Umum II tingkat Provinsi Riau untuk tingkat SMP dan Juara Umum III untuk tingkat SD. Sedangkan untuk prestasi FLS2N, Dumai juara tiga tingkat Nasional. Dan dengan adanya prestasi ini pada tahun sebelumnya, semoga dapat ditingkatkan dan minimal di pertahankan,” harap Walikota.

Terakhir Walikota mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta menyelenggarakan kegiatan ini dan semoga berjalan lancar, sesuai harapan bersama.

''Kepada seluruh peserta didik yang mengikuti lomba ini selamat bertanding. Dalam kegiatan ini, peserta didik diberikan pelajaran sportivitas dan kejujuran yang kelak sangat berguna dalam rangka meneruskan cita – cita bangsa. Gunakanlah kesempatan ini sebaik – baiknya,” tandas Khairul Anwar.

Sementara Panitia Pelaksana yang disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Dumai Dra Yusmanidar menyampaikan, untuk O2SN tingkat SD dilaksanakan di SD Negeri Binsus Jalan Sultan Syarief Kasim Dumai, sedangkan untuk O2SN tingkat SMP dilaksanakan di SMP YKPP Komplek Perumahan Pertamina RU II, Jalan Raya Bukit Datuk Dumai. Dimana pelaksanaan O2SN ini dimulai 21 – 26 April 2014.

''Kemudian untuk FLS2N, baik tingkat SD maupun SMP kita selenggarakan di SD 1 YKPP Komplek Perumahan Pertamina RU II, Jalan Raya Bukit Datuk Dumai, mulai 21 – 26 April 2014,'' jelas Yusmanidar,Senin (21/04).

Dibeberkan Yusmanidar, hasil seleksi O2SN dan FLS2N tingkat kota Dumai, kepada peserta yang meraih prestasi terbaik, tentunya akan menjadi kontingen Dumai untuk mewakili Dumai di ajang yang sama pada tingkat Provinsi yang akan berlangsung pada bulan Mei mendatang.

Tampak hadir pada pembukaan, Kabid Dikmen pada DIsdik Dumai, Drs Misdiono, Kasubag Program di Disdik Dumai Ali Ibnu Amar, Zahari, para wasit dan juri serta kontingen O2SN dan FLS2N dari 7 Kecamatan se Kota Dumai untuk tingkat SD dan SMP. (dcp)