PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan akan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilu legislatif (Pileg) tingkat Kabupaten. Dijadwalkan pleno akan digelar selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu (19-20/4/2014).

"Ya, Sabtu besok kita akan mulai menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara Pileg tingkat kabupaten di Hotel Fanbinari. Kita rencanakan dua hari jika dalam satu hari tak siap,"terang Ketua KPU Pelalawan, Nasaruddin, Jumat (18/4/2014).

Dijelaskannya, alasan rapat pleno digelar dua hari, dikarenakan sampai Jumat ini (18/4/2014), di Kecamatan Pangkalan Kuras masih belum selesai penghitungan suara, dikarenaka di kecamatan tersebut beberapa hari lalu baru diadakan Pemilihan Suara Ulang (PSU).

"PSU di Kecamatan Pangkalan Kuras baru digelar, jadi memang hanya tinggal Kecamatan Pangkalan Kuras saja yang belum selesai penghitungannya. Tapi Insya Allah, Jumat malam nanti sudah selesai, sehingga besok kita bisa menggelar rapat pleno untuk tingkat kabupaten,"jelasnya.

Dikatakanya, bahwa pada rapat pleno besok akan dihadiri oleh saksi dari partai yang mendapatkan mandat dari partai, disamping Ketua PPK di daerah ini dan Panwaslu Pelalawan. Pasca rapat pleno tingkat Kabupaten ini, pihaknya kemudian akan menyerahkan hasil pleno ini ke KPU Provinsi.

"Rencananya, KPU Provinsi akan digelar tanggal 23 April mendatang. Kemudian dari situ nanti baru akan diserahkan ke KPU Pusat yang akan menggelar pleno pada tanggal 9 Mei nanti. Biasanya, jika ada persoalan gugat-menggugat yang sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK) akan diselesaikan setelah Pleno KPU Pusat ini,"ujarnya.

Saat ditanya tingkat PPK partai mana yang paling unggul, Nasaruddin mengatakan bahwa untuk yang menang sementara belum bisa dipastikan.

"Tapi sejauh ini, dari hasil penghitungan di tingkat PPK, Partai Golkar masih unggul dibanding partai-partai lain, namun untuk kepastiannya akan bisa dilihat dalam rapat pleno besok,"sebutnya.(rkn)