PEKANBARU, GORIAU.COM - Untuk meningkatkan keaktifan siswanya dan juga mengetahui proses legislasi yang ada di gedung dewan DPRD, SDN 034 Pekanbaru Kelurahan Sekip Kec Limapuluh melaksanakan melaksanakan sekolah lapangan dalam hal ini kunjungan ke Gedung DPRD Riau, Rabu (18/11/2014). Dalam kunjungan itu, murid SDN 034 Pekanbaru tersebut puas dan senang karena dapat bersilaturahmi langsung dengan anggota dewan dan bertanya banyak hal.

Hal itu diungkapkan oleh Ahmad Suhardi SPd, Ketua Rombongan sekolah lapangan, Sabtu (22/11/2014). Ahmad Suhardi menjelaskan sekolah lapangan yang mereka inisiasi ini adalah untuk memberikan motivasi kepada peserta didik agar mereka belajar dengan giat dan bisa mewujudkan cita-citanya ke depannya.

Dalam kunjungan tersebut dia mengungkapkan murid merasa puas karena banyak pertanyaan yang mereka berikan kepada anggota dewan dan semua sudah terjawab.

"Anak didik kami merasa puas dengan sekolah lapangan yang kami buat ini. Ke depannya mereka berkeinginan lagi untuk sekolah lapangan ke institusi yang lainnya,'' ujar Ahmad.

Dalam kunjunan tersebut, murid SDN 034 Pekanbaru membawa 88 orang siswa yaitu kelas 4, 5, 6 dan 6 orang guru, 2 pembina pramuka.

Selain mengunjungi DPRD Riau, murid SDN 034 Pekanbaru juga mengunjungi Taman Makam Pahlawan, Markas TNI AU Rusmin Nurjadin, Museum Sang Nila Utama. Masing-masing tujugan sekolah lapangan tersebut menurut Ahmad suhardi memiliki kelebihan masing-masing seperti Kunjungan Taman Makam Pahlawan untuk menghormati para pahlawan dan mengetahui sejarah, Markas TNI AU Roesmin Nurjadin karena kebanyakan anak didik sangat mengagumi profesi pilot sedangkan kunjungan ke Museum Sang Nila Utama untuk mengatahui sejarah dan adat istiadat di Provinsi Riau.

''Masing-masing kunjungan ke lapangan ini memiliki kelebihannya. Dan kami yakin ke depannya model pembelajaran seperti ini dapat kita teruskan,'' ujar Suherdi. (rls)