KAMPAR, GORIAU.COM - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) membagikan sebanyak 2.200 masker kepada masyarakat dan anak-anak sekolah di dua desa di Kabupaten Kampar (6/3/2014), terkait masih berlangsungnya kabut asap di sebagian besar wilayah Riau dan sekitarnya.

Pembagian masker ini dilakukan di dua desa, yakni Desa Gunung Sahilan dan Gunung Sari. Di setiap desa tersebut, masker dibagikan di sekolah-sekolah, mulai dari Taman Kanak - Kanak (TK), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pembagian masker langsung diserahkan perwakilan RAPP di Estate Teso, Maswir selaku Askep SGR, Harmonis dari Humas, M. Daim CD Officer dan sejumlah tim dari Sekuriti. ''Kita sangat prihatin dengan kondisi kabut asap ini dan mudah-mudahan bantuan yang diberikan ini bisa mengurangi dampak bagi kesehatan yakni ISPA dan penyakit lainnya,'' kata Maswir.

Ditambahkan Maswir, aksi ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat melalui hanya program Pemberdayaan Masyarakat (Community Development - CD) serta merupakan respon cepat perusahaan terhadap kondisi tanggap darurat.

Kepala Sekolah SMP Desa Gunung Sari, Sarbunis mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada RAPP atas bantuan yang diberikan dan berharap masker tersebut bisa bermanfaat bagi siswa untuk mengurangi dampak negatif terhadap sistem pernapasan.

Hingga saat ini, RAPP telah mendistribusikan lebih dari 50.000 masker ke masyarakat. Adapun sasaran dari pembagian masker ini ditujukan kepada anak-anak Sekolah, masyarakat pengguna jalan dan warga lainnya yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan di 5 Kabupaten dan Kota di Riau.

Selain mendistribusikan masker, RAPP juga aktif dalam membantu melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau. Sebanyak 600 personil petugas pemadam RAPP lengkap dengan peralatannya diturunkan guna memadamkan kebakaran hutan dan lahan. (rls)