PEKANBARU - Pendidikan di Indonesia masih belum mendapat hasil yang diinginkan. Hal ini dapat dilihat pada pola pikir anak yang lebih mengedepankan menghafal dari pada memahami suatu materi pelajaran. Tak jarang pula pelajar lebih mementingkan nilai dari pada ilmu pengetahuannya. 

Kondisi ini melahirkan ide bagi Drs Jasman Jaiman M.Ed yang tinggal di Pekanbaru untuk melahirkan sekolah yang lebih baik. Dibawah payung Yayasan Islam Riau Global Terpadu, Jasman pun mendirikan sekolah terpadu pada 23 Mei 2003 lalu dan langsung diresmikan oleh Kadis Pendidikan Kota Pekanbaru.

''Indonesia juga sedang menghadapi masalah berat yang harus dilalui, yaitu terjadinya krisis multidimensi yang berkepanjangan. Masalah ini sebenarnya mengakar pada menurunnya kualitas moral bangsa yang dicirikan oleh membudayanya praktek KKN, konflik, meningkatnya kriminalitas, menurunnya etos kerja, dan lain sebagainya,'' ujarnya.

Karena itu, Jasman mencoba menawarkan pendidikan yang berkarakter dengan Kurikulum 2013, ''Namun seperti kita ketahui belum semua sekolah yang menerapkan kurikulum baru tersebut, hanya sekolah-sekolah terpilih yang menggunakan K13 . Di Pekanbaru sendiri bisa dihitung dengan jari banyaknya sekolah yang menggunakan kurikulum 2013, padahal sangat penting pendidikan karakter bagi para peserta didik,'' ujarnya.

IRGT School beralamat di Jl. Jendral Sudirman Komplek Sudirman Square Blok.C Pekanbaru, Riau. Sekolah swasta ini terdiri dari jenjang pendidikan SD dan SMP. Sekolah yang memadukan kurikulum EURICA 165 (Enthusiasm Unique Resilience Integrity Confidence and Academic) 1 Ihsan, 6 Iman dan 5 Islam kedalam kurikulum pembelajaran sekolah (Kurikulum 2013).

Banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh peserta didik SD dan SMP Islam Riau Global Terpadu diantaranya :Juara I Lomba CC tingkat SD se-Kota PekanbaruJuara II Lomba Design Blog tingkat SMP se-Kota PekanbaruJuara I Lomba Asma’ul Husna tingkat SD se-Kota PekanbaruPeringkat 4 nilai UN SD Swasta se-Kota PekanbaruPeringkat 8 nilai UN SMP Swasta se-Kota Pekanbaru Tahun Pelajaran 2012/2013 Juara 1 Kuis Ki HaJar 2015 Tingkat SD dan Tingkat SMP Se-Riau dan Mewakili Prov Riau di Jakarta 2016Peringkat 1 Nilai UN SMP/MTs Negeri dan Swasta Se-Kota Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015-2016

Prestasi-prestasi yang telah diraih tak lepas dari usaha keras para setiap elemen proses pembelajaran yang terdapat di IRGT School dengan program-program handal sekolah yang dimiliki:1. Educational Award (Program rutin setiap tahun yang bertujuan mencari dan mengembangkan bakat serta minat peserta didik, berisi sekitar 20 kegiatan perlombaan antar peserta didik)2. Edutourism (Program tour study Banding dengan sekolah-sekolah di luar Negeri / Luar Kota)3. English Camp (Program yang berisi pembelajaran bahasa inggris selama 1 bulan dengan mendatangkan Tutor dari Kampung Inggris Pare)4. Peserta ICAS (Program keikut sertaan dalam ajang kompetisi ICAS sejak 2015)5. The Great Global Festival of Muharam (Program peringatan tahun baru Islam dengan memeriahkan nya melalui perlombaan dan pawai akbar). ***