PEKANBARU, GORIAU.COM - Mantan Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono, MM, MHum dilepas dengan prosesi pedang pora. Tradisi pelepasan ini dirangkai dalam acara Farewell and Welcome Parade yang diselenggarakan di Lapangan SPN Pekanbaru, Jumat (05/09/2014).

Mantan Kapolda Riau bersama istri melewati barisan pasukan pedang pora, diiringi oleh Kapolda Riau yang baru. Prosesi yang diiringi dengan lagu-lagu perpisahan ini, sebelumnya didahului dengan tradisi penyambutan Kapolda Riau yang baru, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan. Upacara farewell and welcome parade adalah tradisi penyambutan dan pelepasan kapolda yang selalu dilakukan di Polda Riau.

Sebelum meninggalkan tempat upacara, Condro Kirono sempat membacakan kata perpisahan yang ditulis dengan tulisan tangan dan dibingkai dalam sebuah frame. "Sahabatku tercinta, kebersamaan kita sudah 1 tahun 2 bulan. Kamu sudah dengan kokoh mendorong saya memimpin Polda Riau mewujudkan Kamtibmas yang kondusif. Selamat berpisah, lanjutkan pengabdian bersama kapolda yang baru Brigjen Pol Drs Dolly Bambang Hermawan," ucap Condro.

Di ujung jalan sebelum menaiki kendaraan yang akan membawanya meninggalkan SPN, Condro Kirono yang didampinggi Kapolda Riau, melepas beberapa ekor burung merpati. Merpati adalah simbol kesetiaan yang selalu akan kembali pulang. (wdu)