SURAKARTA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus 'naik kelas'. Untuk mendukung hal ini, semua pihak harus terlibat sekaligus membentuk suatu jaringan besar yang terdiri dari pemerintah dan perusahaan. Pasar menjadi kunci penting untuk terus meningkatkan daya saing UMKM.

Pernyataan ini disampaikan oleh Direktur PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Rudi Fajar ketika menjadi pembicara utama dalam Seminar Nasional: Peningkatan Kapabilitas UMKM Dalam Mewujudkan ''UMKM Naik Kelas'' di Pusdiklat Universitas Sebelas Maret/UNS, Selasa, (17/6/2016).

Dengan mengangkat judul makalah Peran Perusahaan Swasta dalam Pemberdayaan UMKM melalui program CSR, Rudi menjelaskan bahwa RAPP memiliki prinsip untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, salah satunya dengan memberikan peluang kerja kepada pengusaha lokal dan mengembangkan kewirausahaan.

''Kami memiliki mitra bina, dimana mitra-mitra usaha ini kita bantu, kita dampingi, diberi pelatihan, dan kita monitor. Untuk mitra, kita bagi menjadi dua, yaitu sistem In-Line, atau kemitraan yang mencakup bidang usaha langsung dengan operasional perusahaan, serta off-line, atau mitra yang tidak berkaitan dengan perusahaan seperti usaha batik, bengkel, salon, dan anyaman. Saat ini kami fokus kepada mitra off-line, salah satunya dengan mendekatkan mitra kepada pasar,'' jelas Rudi.

Wakil Rektor III UNS, Prof Ir Darsono sangat mendukung peran serta perusahaan dan lembaga lainnya dalam memberdayakan UMKM, karena total kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Daerah Bruto (PDB) mencapai 60,34 %.

''Jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 57 juta unit. Untuk mewujudkan UMKM naik kelas, harus ada sinergi semua unsur terkait, termasuk peran korporasi, yang akan menyebabkan multiplayer effect, dimana suatu kegiatan akan memicu timbulnya kegiatan lain,'' terang Prof Ir Darsono.

UMKM Naik Kelas merupakan salah satu visi dalam memberdayakan UMKM di Indonesia sebagai salah satu jawaban strategi dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Visi ini diwujudkan dengan diselenggarakannya UNS SME'S Summit and Awards 2016 yang memberi penghargaan kepada 11 lembaga, instansi pemerintahan maupun perusahaan dari seluruh Indonesia yang berkomitmen memajukan UMKM.

Dalam pemberian award ini, RAPP meraih penghargaan sebagai Perusahaan Swasta Pengolah Hasil Hutan Pengembang UMKM terbaik. ***