PEKANBARU, GORIAU.COM - Perayaan HUT Pramuka ke 54 di Pasirpengaraian, Rohul, Provinsi Riau, Rabu (18/8/2015), dibanjiri aksi bagi-bagi duit pecahan Rp50 ribu oleh Bupati Achmad. Anehnya uang pecahan yang seharusnya bergambar pahlawan I Gusti Ngurah Rai ini, justru dirubah dengan gambar sang bupati.

Sontak saja ribuan anggota Pramuka yang mengikuti puncak HUT Pramuka di Pasirpengaraian ini, kaget dan bertanya-tanya, apakah uang ini asli dan bisa digunakan untuk belanja.

Andri salah satu panitia acara kepada GoRiau.com membenarkan, bahwa uang yang dibagi-bagikan oleh Bupati Rohul adalah uang palsu yang bergambar Drs Achmad Msi.

"Memang benar mas, uang itu palsu, tapi pengunjung atau anggota Pramuka tidak perlu khawatir, uang tersebut tetap berlaku, tapi khusus digunakan di areal Bazar yang disediakan oleh panitia, dan tetap tidak berlaku untuk dibelanjakan diluar," jelasnya.

Menurutnya uang tersebut dicetak pihak panitia hanya untuk meramaikan acara Bazar, pada peringatan HUT Pramuka ke 54 Provinsi Riau tahun 2015, yang di pusatkan di Rokan Hulu, serta dihadiri langsung oleh Ketua Pembina Pramuka Riau Hj Septina Primawati Rusli.

Tampak hadir sejumlah tokoh dan pejabat Rohul seperti Bupati Achmad, Wakil Bupati Hafit Syukri, Ketua DPRD Rohul Nasrul Hadi dan Kadispora Rohul M Zein. (dnl)