DURI, GORIAU.COM - Kabut asap yang menyelimuti Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Selasa (1/9/2015) pagi sekitar pukul 07.45 WIB sangat tebal. Meskipun demikian, masih banyak warga yang tidak menggunakan masker. Hal itu terjadi karena tidak pro aktifnya instansi terkait kesehatan masyarakat.

Dari pantauan GoRiau.com, sekolah yang ada di Kecamatan Mandau masih beraktifitas seperti biasanya. Belum adanya himbauan untuk belajar dirumah pun disesali sejumlah orang tua murid, karena udara yang bercampur asap sangat berbahaya bagi kesehatan.

Uniknya lagi, fenomena alam pun sangat jelas terlihat. Dimana dengan mata telanjang warga bisa melihat langsung matahari yang berwarna oranye, tanpa menggunakan kaca mata hitam. Hal ini membuktikan, asap tebal telah menyelimuti Kecamatan Mandau, entah sampai kapan.

"Jarak pandang juga berkurang, asap terlalu tebal," ujar Herlina kepada GoRiau.com, saat mengantarkan anaknya sekolah disalah satu Taman Kanak-kanak di Kota Duri, menggunakan sepeda motor.

Asap tebal di Kota Duri, harus direspon oleh instansi terkait, ujarnya lagi. Sekolah harus libur, karena kondisi udara diluar, sudah tidak sehat.

"Kalau terus-menerus dihirup udara yang tak sehat ini, akan berbahaya," ketus Herlina.(ric)