TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Pemuda Dusun Penghijauan Desa Pasarbaru Pangean melakukan pengecatan ulang terhadap tugu elang pulai. Pemugaran ini merupakan bentuk kepedulian terhadap jasa-jasa para pahlawan dalam mengusir penjajah di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

"Kemaren itu tugu elang pulai sudah kelihatan kusam dan tak terawat, makanya kita berinisiatif untuk melakukan pemugaran bersama pemuda," ujar Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing, Sastra Febriawan kepada GoRiau.com, Selasa (29/9/2015) pagi di Pangean.

Setelah dilakukan pengecatan ulang, tugu kebanggaan masyarakat Kuansing ini terlihat lebih bagus. Elang pulai merupakan laskar pejuang kemerdekaan yang berjasa dalam mengusir penjajah di Kuansing.

"Untuk itu, tugu bambu runcing yang diberi nama elang pulai ini harus senantiasa kita rawat, supaya kita tahu bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh pejuang bangsa ini," ujar Sastra.

Ke depan, ia berharap seluruh masyarakat Pangean bisa bahu-membahu dalam merawat monumen perjuangan ini. Sebab tugu elang pulai memiliki nilai historis sangat tinggi dalam sejarah perjuangan kemerdekaan di Kuansing.(***)