BANGSANG BARAT, GORIAU.COM - Kreatifitas rakyat yang tumbuh dari potensi yang ada di sekitar ternyata juga mampu menjadi sebuah daya tarik bagi pengembangan wisata di wilayah Riau. Seperti yang dilakukan oleh warga Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Minggu (13/1/2013). Warga Bokor menggelar lomba lari di atas tual sagu untuk pertama kalinya di Kepulauan Meranti.

Seperti diketahui, Rangsang Barat merupakan salah satu sentra produksi sagu di Indonesia. Hampir di seluruh wilayah pulau ini, ditumbuhi sagu dan sungai-sungai di daerah ini tidak pernah sepi dengan aktifitas bongkar muat tual sagu. Dan sebagai pengembangan, warga berinisiatif menggelar acara ''Lari di Atas Tual sagu'' dan ternyata mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat bahkan juga Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir dan Forkominda. 

Kepala Desa Bokor, Aminullah kepada wartawan menggatakan, dengan diselenggarakannya ''Lari di Atas Tual Sagu'' diharapkan akan menjadikan desa ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Pasalnya, kegiatan event wisata ini merupakan yang pertama di Riau bahkan di Indonesia.

''Dengan perkembangan pariwisata kita yakin akan mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah ini. Banyak kreatifitas masyarakat kami yang layak untuk dijual. Mulai dari hasil kerajinan tangan, hasil perkebunan, kondisi alam yang indah dan lain sebagainya,'' jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksanaan ''Lari di Atas Tual Sagu, Sopandi mengatakan, dengan suksesnya event perdana ini bisa menjadi daya tarik baru pariwisata Riau bahkan kalau bisa kegiatan ini akan menjadi event nasional. ''Ke depan kami dan masyarakat Bokor akan berusaha mengemas acara ini lebih apik dan menarik,'' jelasnya.

Kegiatan perdana ini, tambahnya, dilaksanakan atas swadaya Sanggar Bathin Galang dengan seluruh lapisan masyarakat Desa Bokor beserta pemerintahan desa.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdakan Kep Meranti H Zubiarsyah, Pembina Sanggar Bathin Galang yang juga anggota DPRD Falzan Surahman, anggota DPRD Edi Masyudi, Asisten II Setdakab Suhendri, Ketua MUI Nizam Munadi, Kadishutbun, Mamun Murod, dan puluhan pejabat kabupaten lainnya, termasuk Camat Rangsang Barat Joko Surianto Selamat. Event ini juga disaksikan ribuan masyarakat Desa Bokor dan sekitarnya. (kpt)