PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Kalangan masyarakat di Kabupaten Pelalawan melaporkan adanya temuan sejumlah proyek gagal di Kabupaten Pelalawan. Hal itu kemudian mengakibatkan masyarakat terancam tak bisa menikmati fasilitas yang dibuat oleh pemerintah itu.

Kondisi ini sangat disayangkan oleh sejumlah kalangan masyarakat dan tokoh masyarakat di daerah ini. "Sejumlah proyek pemerintah yang terbengkalai itu seperti pembangunan lapangan bola kaki Kecamatan Bunut. Sampai saat ini, proyek tersebut tidak kunjung selesai dan kondisinya sangat memprihatinkan, lokasinya kembali ditumbuhi hutan akasia. Dan juga pembangunan waduk air bersih di Kecamatan Bandar Petalangan yang menelan biaya milyaran rupiah, kini menjadi kolam lumpur," tutur salah seorang tokoh masyarakat kabupaten Pelalawan, T. Kashar Haroen, Minggu (29/9/2013).

Kashar yang juga pensiunan PNS Pelalawan dan mantan Kepala BPMPD Pelalawan ini mengatakan bahwa proyek gagal lainya yakni pembangunan Kantor Camat Pangkalan Kuras, yang sampai saat ini tak kunjung selesai dan belum tahu kapan dilanjutkan kembali pengerjaannya.

"Ini semua menunjukan lemahya manajemen dan konsep pembangunan di Daerah Kabupaten Pelalawan," tandasnya.

Bukan hanya itu, sambungnya, ditambah lagi pada tahun 2013 ini ada sekitar 14 item proyek yang terpaksa harus dibatalkan. Namun memang proyek tersebut akan kembali dianggarkan dalam APBD Pelalawan Tahun 2014 mendatang. Padahal, saat ini masyarakat sangat membutuhkan pembangunan disegala aspek, terutama sekali yang sangat mendesak adalah dibidang pembangunan infrastruktur.

"Karena itu, saya berharap, agar pembangunan bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat maka dalam tahap perencanaannyaharus betul-betul matang serta berdasarkan prioritas dan kepentingan urgen masyarakat di daerah ini. Di samping itu juga,hendaknya pembangunan itu bisa diserap berdasarkan hasil rapat desa atau Kecamatan, atau melalui Musrenbang. Sehingga hasilpembangunan bisa dinikmati seutuhnya oleh masyarakat, serta proyek gagal bisa diminimalisir," pungkasnya.(ilm)