PEKANBARU, GORIAU.COM - Jembatan Siak III nasibnya makin taj jelas. Uji beban yang dijadwalkan Senin (17/11/2014) kemarin kembali batal dilaksanakan. Alasannya, lagi-lagi terkait dengan pembahasan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman menyebutkan, saat ini proses Jembatan Siak III masih dalam tahap melengkapi SOP. Karena masih ada hal-hal yang harus dilengkapi.

"Kita tuntaskan dulu, karena berkaitan dengan keselamatan masyarakat umum. Kalau buru-buru, nantinya akan ada resiko, ini demi kebaikan bersama," terang Plt Gubernur Riau.

Sementara instansi terkait sudah membahas bersama pemerintah pusat di Jakarta. Dimana diketahui memang belum lengkapnya tim ahli yang akan melakukan penelitian untuk uji beban.

"Tim harus lengkap semuanya untuk dapat memulai uji beban ini," sambung Plt Gubernur Riau.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Syafril Buchari, menjelaskan bahwa penundaan masih terkait faktor teknis. Menurutnya, tim ahli yang akan melakukan uji beban masih menunggu kelengkapan SOP itu.

"Jika SOP tersebut disetujui, tim Pusjatan Kementerian PU akan menurunkan tim untuk melakukan uji beban. Dasar itulah yang menjadi acuan untuk membuka sarana transportasi tersebut ke publik," kata Syafril.***