SELATPANJANG - Turnamen Sepakbola U-19 atau Sungai Cina Muda Cup pertama tahun 2016 yang dimulai 27 Maret lalu resmi ditutup, Selasa (19/4/2016). Penutupan turnamen yang diikuti 24 klub ini langsung oleh Ketua Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kepulauan Meranti Hery Saputra SH.

Ketua Pelaksana Hayatullah, dalam penyampiannya usai pertandingan merebut juara satu dan dua mengucapkan terima kasih ke banyak pihak. Menurut Hayatulah, tanpa dukungan seluruh lapisan masyarakat dan Pemuda Desa Sungai Cina Rangsang Barat maupun masyarakat luar, sulit rasanya kegiatan tersebut sukses. "Terima kasih kami ucapkan kepada semua yang telah mendukung terlaksananya turnamen di level usia ini," kata Hayatullah.

Laki-laki yang akrab dipanggil Aya itu pun mengucapkan terimakasih kepada para donatur, kepada Wakil Pimpinan DPRD Muzamil. "Semoga kedepan kita kembali bisa menggelar turnamen sepakbola. Kami panitia berharap dengan turnamen U-19 ini bisa kembali menggugah minat bermain sepakbola," tambah Aya.

Di tempat sama, Ketua Asosiasi PSSI Kepulauan Meranti Hery Saputra SH dalam penyampaiannya mengatakan bahwa mereka senantiasa mendorong turnamen yang di gelar di semua daerah Meranti.

Laki-laki yang akrab dipanggil Ery Gading itu pun bertekad bahwa Kepulauan Meranti harus mampu berbicara lantang di Provinsi Riau melalui prestasi olahraga terutama Sepakbola. "Mari tanamkan tekad, dari bumi Meranti akan lahir pemain nasional, dan membanggakan Indonesia," ujar Ery Gading pula.

Harapan itu tidak serta merta dilontarkan Ery begitu saja. Menurutnya, apa yang ditunjukkan pemain dalam turnamen sepakbola U-19 di Sungai Cina itu sangat membuat mereka optimis.

Erry memastikan kepada masyarakat banyak bahwa PSSI Meranti tidak akan pernah pilih kasih dalam melakukan pembinaan. Mereka akan memberikan support penuh dan mengutamakan yang berprestasi daripada yang menghancurkan tim

"Saya bangga jadi pengurus PSSI karena adik-adik bermain bola. Tunjukkan kepada Riau bahwa Meranti mampu berbicara lewat Sepakbola," tambah Erry yang juga mengatakan klub Sungai Cina Muda itu pernah meraih juara 2 turnamen U-15 tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru.

Usai penutupan, dilanjutkan dengan pembagian hadiah berupa tropy dan uang pembinaan.

Saat penutupan turnamen itu, digelar pertandingan antara PSDS melawan SMA N 2 Rangsang Pesisir dalam perebutan juara 3 dan juara 4 atau harapan 1. PSDS keluar sebagai juara 3 setelah berhasil menekuk SMA N 2 dengan skor 1-0.

Sementara di partai final Sungai Cina Muda melawan Bina Bakat FC. Pertandingan berkahir seri setelah dua tim tidak mampu membobol gawang lawan. Adu pinalti membawa Bina Bakat menjadi juara Turnamen U-19 Sungai Cina dengan skor 5-3.

Terlihat hadir dalam final U-19 Sungai Cina Muda, Camat Rangsang Pesisir Idris Sudin, Pemerintah Desa Sungai Cina, pengurus Asosiasi PSSI Meranti, dan para pelatih masing-masing klub.(*/zal)