PEKANBARU, GORIAU.COM - Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Riau tengah mensosialisasikan cabang tinju Riau ke masyarakat, terutama di Kota Pekanbaru. Namun perbedaan dalam sosialisasi kali ini dimana jajaran pengurus merambah daerah pinggiran.

Ketua Umum Pengprov Pertina Riau, Robin P Hutagalung kepada GoRiau.com, Jumat (11/10/2013), mengatakan, sosialisasi ke pinggiran Kota Pekanbaru ini dilakukan agar cabang tinju bisa menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat.

"Kita tetap konsisten dalam hal perekrutan atlet, namun sosialisasi kali ini kita fokuskan pada daerah pinggiran, seperti Rumbai pinggiran dan beberapa desa lainnya," kata Robin.

Karena diakui Robin, untuk olahraga seperti tinju, daerah-daerah pinggirian menyimpan calon-calon atlet berpotensi. "Kita yakin lebih banyak para petarung yang berasal dari sudut-sudut kota dan pinggiran," sambung Robin.

Selain itu, kata Robin, para pemuda dari daerah pinggiran tersebut kebanyakan mereka sudah terbiasa dengan tantangan berat, dan dinilai sesuai dengan cabang tinju. "Menjalani olahraga tinju lebih kepada pembentukan karakter dan jati diri, termasuk mematangkan keberanian," kata Anggota DPRD Provinsi Riau ini.

Dilanjutkan Robin, selama ini Pengprov Pertina Riau berusaha memberikan yang terbaik untuk perkembangan cabang tinju. Salah satunya dengan memaksimalkan potensi bibit atlet yang berasal dari berbagai daerah di Riau.

"Kita punya potensi yang besar dan bisa dikembangkan. Masih banyak daerah yang belum tersentuh dan belum terjamah potensinya. Untuk itu, kita berharap agar sosialisasi dan perekrutan kali ini bisa dimanfaatkan dan melibatkan masyarakat," harap Robin.(tri)