SELATPANJANG, GORIAU.COM - Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Kepulauan Meranti, Joko Surianto Slamet, telah punya ancang-ancang untuk pengelolaan pasar tradisional Kepulauan Meranti. Sistem pengelolaan itu nantinya mudah dipantau dan pasti akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).


Kata Joko, Ia belum lama ini pergi ke Solo bersama Pj Bupati Kepulauan Meranti Edy Kusdarwanto dan beberapa pejabat. Dari perjalanan ke Solo itu, mereka telah pergi ke pasar dan mempelajari sistem pengelolaan pasar.
"Di Solo, ada kepala pasar yang akan bertanggungjawab ke Kabid Pasar, dari Kabid baru ke Kepala Dinasnya," ujar Joko.
Diungkapkannya juga, banyak kemudahan yang dirasakan dari sistem pengelolaan pasar seperti di Solo ini. Selain mempermudah pengawasan, sistem ini juga akan memberikan pemasukan yang jelas ke Pemda.
"Di Meranti bisa kita terapkan. Kita punya tenaga untuk mengelola pasar seperti di Solo," kata Joko lagi.
Unuk itu, jika DisperindagkopUKM Kepulauan Meranti telah menyelesaikan pembangunan pasar Modern serta menyerahkan ke Dinas Pasar, maka Ia akan menerapkan hal yang sama. Namun, hingga saat ini pasar itu belum bisa difungsikan karena pembangunannya masih ada yang harus disiapkan.(zal)