JAKARTA, GORIAU.COM - Ada banyak ulasan sebelum-sebelumnya yang katakan bahwa smartphone dan uang adalah dua barang yang lebih kotor daripada toilet dan digunakan setiap orang setiap hari. Namun, dari keduanya, manakah yang lebih kotor?

Jika toilet kerap dibersihkan setiap hari, itu karena orang-orang sadar bahwa kamar mandi memang penuh dengan kuman. Sementara benda-benda yang sering dipegang, seperti ponsel atau remote control, cenderung disepelekan dan hampir tidak pernah dibersihkan secara rutin.

"Padahal ponsel penuh dengan kuman. Bahkan ada beberapa orang yang menelepon sembari buang air," tutur Charles Gerba, ahli mikrobiologi dari University of Arizona.

Selain ponsel atau smartphone, uang juga merupakan salah satu barang yang lebih kotor dari toilet. Hal tersebut dikarenakan peredaran uang dalam keseharian juga tidak dapat dipantau kebersihannya.

Selembar uang atau sekeping koin dapat berganti tangan dan dipegang siapa saja dalam satu hari ketika benda tersebut digunakan dalam proses transaksi.

Nah, apabila dibandingkan, ternyata uang lebih kotor dibandingkan dengan ponsel atau perangkat mobile lainnya.

Dikutip dari Top Tens World, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa selembar uang atau sebuah koin 'memiliki kandungan' bakteri sebanyak 135 ribu lebih, sedangkan mayoritas sebuah telepon genggam hanya memiliki bakteri sekitar 20-25 ribu saja.

Alasan kenapa uang lebih banyak mengandung bakteri dibandingkan dengan sebuah ponsel adalah uang dapat dipegang siapa saja dalam setiap kali perputarannya.

Siapa saja yang dimaksud juga tidak diketahui sebersih apa tangan mereka ketika memegang uang itu, sedangkan sebuah ponsel kemungkinan hanya dipegang oleh beberapa orang saja termasuk yang mempunyainya.

Sumber: Weirdlyodd.com, Dailymail.co.uk, Abcnews.go.com, Newvision.co.ug, Ranker.com, Toptensworld.com, List25.com, Cracked.com, Ergoweb.com, Time.com, Rense.com, Voices.yahoo.com ***