PEKANBARU, GORIAU.COM - Sukanto Tanoto dan Tinah B. Tanoto percaya bahwa pendidikan merupakan mata rantai pemutus kemiskinan. Tanoto Foundation dengan visi menjadi pusat unggulan dalam mengentaskan kemiskinan melalui Pendidikan, Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas Hidup berupaya mendukung program pemerintah dalam menyediakan akses dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Saat ini tingkat akses pendidikan tinggi di Indonesia lebih rendah bila dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011, jumlah mahasiswa Indonesia saat ini baru 4,8 juta orang. Dari 4,8 juta mahasiswa bila dihitung terhadap populasi penduduk berusia 19-24 tahun, maka angka partisipasi kasarnya (APK) baru 18,4 persen. Adapun bila dihitung terhadap populasi usia 19-30 tahun, angka partisipasi kasarnya baru 23 persen. Dan target pemerintah sendiri tahun 2014 adalah 33 persen dan tahun 2015 adalah 35 persen.

Salah satu solusi untuk meningkatkan APK adalah dengan menyediakan beasiswa. Sejak tahun 2006, Tanoto Foundation telah menyediakan beasiswa untuk mahasiswa di perguruan tinggi. Hingga saat ini sudah lebih dari 3500 penerima beasiswa Tanoto Foundation.

Anderson Tanoto, anggota Board of Trustee Tanoto Foundation mengatakan, ''Kami mendukung upaya pemerintah dalam menyediakan akses pada pendidikan, karena kami percaya bahwa setiap generasi muda memiliki hak untuk meneruskan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, sehingga mampu mengentaskan diri dari kemiskinan dan menjadi generasi emas bagi dirinya, keluarganya dan negara.''

Untuk tahun akademik 2015/2016, Tanoto Foundation kembali membuka pendaftaran beasiswa non ikatan dinas atau National Champion Scholarship yang diberikan pada mahasiswa berprestasi dari program Strata 1 (S1) dan Strata 2 (S2). Selain itu Tanoto Foundation juga menyediakan beasiswa ikatan dinas atau Regional Champion Scholarship, yang diberikan pada siswa berprestasi lulusan SMA/SMK/MA di wilayah Sumatera Utara, Riau dan Jambi dimana setelah lulus penerima beasiswa dijamin bekerja di mitra korporasi Tanoto Foundation yaitu Royal Golden Eagle, Asian Agri dan PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP)

Margaretha Ari Widowati, Deputy Head of Program of Tanoto Foundation mengajak seluruh siswa dan mahasiswa untuk ikut bergabung dalam keluarga besar Tanoto Foundation, dengan mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi sebagai penerima beasiswa Tanoto Foundation. ''Pendaftaran beasiswa ikatan dinas dan non ikatan dinas telah dibuka sejak tanggal 1 November 2014 sampai dengan 18 Januari 2015, melalui situs Tanoto Foundation: www.tanotofoundation.org. Pastikan agar dokumen yang diunggah sesuai dengan ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan oleh Tanoto Foundation,'' jelas Margaretha Ari Widowati.

Informasi terkait Beasiswa Tanoto Foundation bisa didapatkan pada saat Expo Peluncuran Beasiswa Tanoto Foundation yang akan dilaksanakan di Gedung Sutan Balia, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Kampus Widya Panam, Universitas Riau, Pekanbaru, pada hari Jumat, 14 November 2014 (pukul 14.00 – 17.00) dan Sabtu, 15 November 2014 (pukul 09.00 – 13.00). Selain di Riau, Tanoto Foundation juga melaksanakan Expo yang sama di Universitas Sumatra Utara dan di Universitas Jambi.

Diharapkan dengan adanya berbagai Beasiswa Tanoto Foundation dapat meningkatkan akses pendidikan dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi generasi muda berpotensi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. (rls)