PEKANBARU - Kota Pekanbaru masih menduduki peringkat pertama dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau yang paling banyak ditemukan pengidap HIV/AIDS. Tahun 2015, kasus AIDS di Pekanbaru ditemukan sebanyak 156 kasus.

"Pekanbaru masih berada diurutan pertama sebagai daerah paling tertinggi ditemukannya kasus AIDS. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor sosial, mobilitas penduduk dan akses layanan yang ada," ungkap Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Riau, Helmi Yardi ketika ditemui GoRiau.com, di Pekanbaru, Selasa (1/12/2015).

Pada klasifikasi profesi, kasus AIDS tertinggi ditemukan pada golongan karyawan, yang kemudian diikuti oleh golongan Ibu Rumah Tangga (IRT) diurutan kedua.

"AIDS paling banyak ditemukan di kalangan tenaga non profesional (karyawan), posisi kedua ditemukan di kalangan IRT," imbuhnya

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum GoRiau.com, jumlah kasus AIDS di 12 kabupaten/kota se-Riau selama Januari-Oktober 2015, ialah: Pekanbaru 156 kasus, Indragiri Hilir 35 kasus, Dumai 28 kasus, Pelalawan 13 kasus, Rokan Hulu13 kasus, Rokan Hilir 8 kasus, Bengkalis 8 kasus, Siak 7 kasus, Meranti 5 kasus, Kuantan Singingi 3 kasus, Kampar nihil, dan Indragiri Hulu nihil. ***