SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs. H. Syamsuar mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bakal calon Gubernur Riau 2013-2018, H. Jon Erizal, SE, MBA, yang telah banyak membantu dalam pembangunan Kabupaten Siak.

''Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Siak, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Jon Erizal yang telah membantu pembangunan di Kabupaten Siak melalui program-program nasional,” ujar Syamsuar pada Pelantikan Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Siak di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Siak Sri Indrapura, Minggu (14/10/2012).

Tokoh masyarakat Riau, Jon Erizal hadir atas undangan khusus Ketua Umum IKMR Provinsi Riau, H. Basrizal Koto. Sehari sebelumnya, Jon Erizal juga menghadiri pelantikan pengurus IKMR Kabupaten Bengkalis di Gedung Cik Puan Bengkalis. Selain Jon Erizal, kedua acara itu juga dihadiri Walikota Bukittinggi, Sumbar, Ismet Azis dan Bupati Agam, Sumbar, Indra Catri. Pelantikan pengurus IKMR Siak dan Bengkalis berlangsung meriah dan disemarakkan dengan lagu dan tarian Melayu dan Minangkabau.

Menurut Syamsuar, meskipun Jon Erizal tidak duduk di pemerintahan dan DPR, namun jabatannya sebagai Bendahara Umum DPP PAN dan kedekatannya dengan Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat Riau. Di Siak, misalnya, Jon Erizal telah membantu pembangunan jalan dari Siak ke Teluk Lanus sepanjang 70 km dan infrastruktur lainnya, rehabilitasi 38 gedung sekolah, kawasan Industri Buton, dan memperlancar pembangunan Jembatan Siak Sultan Agung.

Bupati Siak sebenarnya ingin mengundang Jon Erizal pada peringatan HUT ke-13 Kabupaten Siak hari Jum’at (12/10/2012) lalu. Namun pada waktu bersamaan, Jon Erizal diundang pula oleh Bupati Pelalawan, H.M. Harris untuk menghadiri puncak HUT ke-13 Kabupaten Pelalawan.

“Sebenarnya saya ingin mengundang Pak Jon pada peringatan hari jadi Kabupaten Siak ke-13, Jum’at lalu. Tapi, saya baca di koran, Pak Jon hadir di Pelalawan. Ya, gimana lagi, waktunya bersamaan,” ujar Syamsuar. Senada dengan yang disampaikan Syamsuar, di Pelalawan beberapa hari lalu, Bupati Pelalawan Harris juga memberikan apresiasi yang sama kepada Jon Erizal.

Selain mengucapkan terima kasih kepada Jon Erizal, Bupati Siak Syamsuar juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Siak asal Minangkabau yang tergabung dalam IKMR. Peran serta masyarakat Siak asal Minang sangat berarti dalam memajukan pembangunan Siak. “Keluarga besar IKMR telah menunjukkan di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” kata Syamsuar menyitir pepatah Minang dan Melayu tersebut.

Jon Erizal menanggapi datar apresiasi yang telah diberikan Bupati Siak Syamsuar dan Bupati Pelalawan H.M. Harris. “Sebagai orang Riau, saya merasa perlu berbuat untuk daerah ini. Mumpung saya punya akses ke pemerintahan, tentu akan saya gunakan untuk membantu masyarakat Riau agar lebih maju lagi ke depannya. Kita akan berupaya agar Riau lebih bermarwah lagi di tingkat nasional,” ujar pria ganteng berusia 50 tahun itu. (rls)