PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Ketinggian debit Sungai Batang Nilo, Rabu (19/11/2014) siang ini terus naik. Sungai di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui ini sudah meluap ke pemukiman penduduk sejak kemarin.

Saat ini genangan air mulai merendam jalan dan membuat warga mulai menggunakan sampan untuk sarana transportasi. Sementara sejumlah rumah penduduk juga sudah mulai terendam dan akses antar rumah warga sudah mulai lumpuh.

Desa Lubuk Kembang Bunga merupakan wilayah langganan banjir di Kecamatan Ukui dengan ketinggian air yang bisa mencapai dua meter. Sebagian rumah penduduk yang bentuknya rumah panggung juga terancam terendam.

Terkait hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan, Abu Bakar mengatakan banjir tersebut terjadi menyusul hujan lebat yang melanda wilayah Pelalawan dalam sepekan terakhir ini.

"Sudah ada informasi itu, bahwa di Desa Lubuk Kembang Bunga terjadi banjir, namun belum ada dampak dari banjir ini," ujarnya.

Abu Bakar menyatakan, pihaknya akan selalu siap siaga menjelang masuknya musim penghujan yang akan berakibat pada terjadinya banjir disejumlah wilayah di Kabupaten Pelalawan.

"Intinya kita selalu siap siaga jika dibutuhkan," tandasnya.(***)