PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Penipuan dengan alasan pencairan bantuan masjid sebesar Rp120 juta dari Pemkab Rohul, marak terjadi 3 hari terakhir. Dalam aksinya, penipu menelpon pengurus mesjid dan meminta sejumlah uang sebelum bantuan mesjid dicairkan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kabupaten Rokan Hulu.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kabupaten Rokan Hulu Tengku Rafli Armien saat dikonfirmasi, membenarkan adanya modus penipuan itu, Rabu (19/11/2014).

Diakuinya, dirinya mengetahui adanya penipuan itu, setelah beberapa pengurus mesjid menghubunginya untuk konfirmasi.

''Mereka meminta sejumlah uang agar pencairan bantuan mesjid bisa dipercepat. Penipuan bantuan masjid ini telah terjadi sejak Senin (17/11/2014) lalu. Bahkan, sudah ada pengurus masjid yang menjadi korban dan sempat mentransfer uang kepada pelaku,'' ujar Tengku Rafli Armien.

Modus pelaku, jelas Tengku Rafli, mengatasnamakan dirinya. Pelaku menjanjikan pengurus masjid mendapatkan bantuan masjid dari dana hibah sebenar Rp120 juga dari Disosnakertrans Rohul.

Namun, sebelum dana ditransfer, korban diminta mentransfer uang sebesar Rp12 juta. Selanjutnya, sehari setelahnya, korban disuruh datang ke Lantai II Kantor Disosnakertrans Rohul di Pasirpangaraian.

"Modus pelaku menelepon korbannya. Namun anehnya, korban diminta datang ke lantai dua Dinas Sosial, sementara kantor kami tidak ada tingkat duanya," kata Tengku Rafli.

"Sebelum mendapatkan dana bantuan, pelaku meminta pengurus masjid mentransfer uang. Sudah ada yang mentransfer uang Rp12 juta atau sekitar 10 persen dari total bantuan," tambah dia.

Tengku Rafli juga Ketua Lembaga Adat Melayu Rohul mengatakan menjelang akhir tahun ini tidak ada dana bantuan sosial untuk masjid. Dia mengimbau pengurus masjid tidak mempercayai jika ada oknum menjanjikan bantuan dana hibah itu.

''Kalau ada abaikan saja. Atau konfirmasi ke Dinas Sosial di Pasirpangaraian. Sebab saat ini tidak ada anggaran untuk bantuan masjid,'' tegas Tengku Rafli. (ram)