PEKANBARU, GORIAU.COM - Baik pelatih maupun orangtua tidak mengetahui rencana mundurnya Wilhelmina Tutuarima, pebalap nasional yang terdaftar sebagai atlet Riau tersebut dari dunia balap sepeda. Wilhelmina menyatakan mundur usai memperkuat Kontingen Indonesia pada SEA Games Myanmar 2013 lalu.

"Wilhelmina belum ada ngomong sama saya, tapi nanti akan kami diskusikan dulu, karena saya belum ada bertemu sejak dia berangkat ke SEA Games lalu," kata Fredy Tutuarima, orangtua Wilhelmina.

Fredy mengakui, kakak dari pebalap junior nasional, Kevin Tutuarima tersebut sudah meninggalkan dunia pendidikan sejak dua tahun terakhir, rentang waktu yang cukup lama ini kemungkinan menjadi alasan bagi dia untuk kembali mengenyam dan fokus di dunia pendidikan.

"Bagi saya dan keluarga sebenarnya tidak masalah, namun selaku orangtua, saya lebih mengharapkan Wilhel bisa menjalankan keduanya dengan prestasi yang seimbang," tutur Fredy.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Riau, Ilyas Labay beberapa waktu lalu mengatakan akan tetap mempertahankan Wilhelmina sebagai atlet Riau.

Karena pebalap nasional tersebut masih memiliki peluang besar ke depannya. "Kita akan berusaha mempertahankannya, karena peluang dia masih banyak. Kita tidak ingin dia mundur sebagai atlet Riau," kata Ilyas.

Wilhelmina masuk dalam daftar atlet Riau berprestasi sepanjang 2012-2013. Karena dirinya menjadi salah satu pilihan pusat berada di pelatnas, termasuk membela Indonesia pada SEA Games di Myanmar, Desember 2013 lalu.(tri)